Rahasia Ketahanan Fisik Pemain Garuda Select Berusia 16 Tahun

0
191
Rafli Asrul, Pemain 16 tahun asal Enrekang, Sulawesi Selatan
Rafli Asrul, Pemain 16 tahun asal Enrekang, Sulawesi Selatan

Jakarta, 25 Februari 2020 – Menjalani pemusatan latihan jauh dari tanah air bukanlah perkara mudah. Terutama bagi seorang pemain muda yang baru menginjak usia 16 tahun. Berbagai tantangan, dimulai dari bahasa, budaya, hingga cuaca, menjadi pekerjaan rumah yang harus dijajaki sekaligus, demi menjadi seorang pemain berkualitas.

Faktanya, itulah yang dialami seorang Rafli Asrul. Anak muda asal Enrekang, Sulawesi Selatan tersebut, merupakan salah satu pemain yang bakatnya terpantau lewat kompetisi jenjang usia muda, Elite Pro Academy. Bersama pemain-pemain lainnya, ia berangkat ke Inggris pada Oktober 2019 untuk ditempa langsung oleh dua sosok tenar di sepak bola Inggris: Dennis Wise dan Des Walker.

Berbagai tantangan ternyata mampu dilewati cukup baik oleh Rafli. Beberapa waktu lalu, Mola TV merilis dirinya merupakan pemain dengan daya jelajah paling tinggi di skuad Garuda Select. Dengan kata lain, ia adalah pemain yang paling sering berlari sepanjang pertandingan.

Related :  Pentingnya Komunikasi Untuk Perkuat Koordinasi Lini Belakang Garuda Select

Bukan sesuatu yang mudah tentunya. Namun, performa seperti itulah yang dibutuhkan untuk menghadapi pemain-pemain berfisik apik asal daratan Inggris. Menurut Rafli pribadi, tidak sembarang pemain bisa menorehkan catatan demikian.

“Kuncinya saya selalu menjaga kondisi kebugaran. Menghindari membuang waktu ke luar yang tidak perlu. Kalau sedang tidak ada latihan atau pertandingan, saya memilih beristirahat,” kata Rafli kepada Mola TV.

“Pelatih meminta saya untuk terus bergerak di setiap pertandingan. Saya juga tidak menyadari bahwa ternyata saya jadi yang paling jauh jarak jelajahnya di antara pemain yang lain,” sambungnya.

Dennis Wise selaku direktur teknik memang sering menekankan pentingnya kesiapan fisik. Terutama dalam menghadapi pemain-pemain asal Inggris. “Para pemain harus tetap ingat bahwa mereka sekarang berada di tempat yang pemain-pemainnya mengandalkan kekuatan fisik. Agak berbeda dengan Italia yang lebih dominan sisi tekniknya,” ucap Wise.

Related :  Respek dan Kelola Emosi, Pelajaran Berharga Dari Laga Kontra Sheffield United U18

Agenda terdekat Garuda Select adalah menghadapi Preston North End pada Selasa (25/2) di Lapangan Aspray Arena, Willenhall, Walsall, Inggris. Ini adalah tempat yang sama ketika mereka menggilas Huddersfield tiga gol tanpa balas pekan lalu. Saksikan aksi Rafli bersama Garuda Select hanya di Mola TV! Penampilan Garuda Select di setiap pertandingan dapat disaksikan melalui LIVE MATCH secara gratis di MOLA TV.

Selain itu, MOLA TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select. Banyak hal menarik dan menyentuh yang layak menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang ingin meraih impian, termasuk mimpi para pemain Garuda Select untuk menjadi pemain Tim Nasional Indonesia. Aksi-aksi dari para pemain Garuda Select bisa disaksikan di: https://mola.tv/categories/gs-cat

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of