Ramaikan Turnamen Game Indonesia, Piala Presiden Esports 2019 Segera Bergulir

0
235
Ajang bergengsi Piala Presiden Esport 2019 akan segera digelar awal tahun ini dan mempertandingkan beberapa game-game populer di Indonesia. Indonesia Esports Premiere League (IESPL), Event Organizer e-sports lokal terbesar di Indonesia, dikabarkan menjadi penyelenggaranya. (instagram)
Ajang bergengsi Piala Presiden Esport 2019 akan segera digelar awal tahun ini dan mempertandingkan beberapa game-game populer di Indonesia. Indonesia Esports Premiere League (IESPL), Event Organizer e-sports lokal terbesar di Indonesia, dikabarkan menjadi penyelenggaranya. (instagram)

Jakarta- Piala Presiden biasanya dikenal sebagai turnamen sepakbola pra musim liga 1 dimulai, tapi kini, pemerintah mulai merangkul e-sports. Piala Presiden Esports 2019 akan digelar awal tahun ini dan akan memertandingkan beberapa game.

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2019 menjadi jawaban dari perkembangan e-Sports yang semakin meluas di Indonesia. Merunut informasi yang ditampilkan pada akun media sosial tersebut, penyelenggara utama adalah Indonesia Esports Premiere League (IESPL). Sayang, tak banyak informasi yang diungkap dari akun Instagram itu.

Piala Presiden Esport 2019 akan berkerja sama dengan IESPL, salah satu Event Organizer e-sports lokal terbesar di Indonesia. Pihak penyelenggara belum membocorkan waktu turnamen tersebut akan berlangsung. Info yang didapat melalui Instagram IESPL, hanya sebuah Insta Story yang memuat tautan untuk pendaftaran peserta turnamen.

Keterangan dari akun itu hanya menyebut, gelaran ini segera berlangsung dalam waktu dekat di 2019. Saat dihubungi terkait gelaran ini, Presiden IESPL, Giring Ganesha tak banyak berkomentar. “Saya masih belum bisa bilang apa-apa mengenai Piala Presiden Esports 2019. (Tunggu) Tanggal 28,” tuturnya.

Related :  Apresiasi Timnas Pertahankan Tiket Group I Piala Fed, PP Pelti : Modal Positif ke SEA Games 2019

Pihak panitia penyelenggara akan mengadakan sesi konferensi pada Senin (28/1). Sebelumnya, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Nasional (BEKRAF), Triawan Munaf, menegaskan, keberadaan event Piala Presiden Esports 2019 akan menjadi satu di antara upaya pemerintah memberi tempat terhadap perkembangan e-Sports.

Ia menyebut, ajang Piala Presiden ini bakal menjadi ‘pesta’ sekaligus adu kreativitas antarpemain. Triawan berharap, langkah pemerintah ini memberi ruang keselarasan bagi keinginan lingkungan e-Sports di Tanah Air. Sebelumnya, esports dipastikan bakal menjadi salah satu cabor (cabang olahraga) di SEA Games 2019 di Filipina.

e-sports masuk dalam Kategori 3 dari daftar cabor SEA Games yang diusulkan Komite Penyelenggara SEA Games Filipina atau PHISGOC. e-sports bergabung dengan cabor lainnya, seperti arnis, floorball, jiu-jitsu, kickboxing, kurash, lawn bowling/petanque, netball, obstacle course, sambo/vovinam, underwater hockey, wakeboarding.

Related :  Dua pekan di Melbourne, Pebalap Pelatnas Down Hill Lakukan TC di Australia

Seperti kabar sebelumnya, SEA Games tahun depan bakal mempertandingkan enam judul gim. “Info terakhir akan ada 6 judul gim, yang terdiri dari PC, mobile, dan konsol,” ungkap Ketua IeSPA, Eddy Lim, pada Selasa (27/11/2018).

Adapun judul gim yang bakal dipertandingkan di SEA Games 2019, antara lain NBA2K19 dan Tekken (konsol), Dota 2 dan StarCraft II (PC), serta Mobile Legends dan Arena of Valor (mobile). Walau belum dirilis resmi oleh panitia SEA Games 2019 Filipina, Eddy Lim, selaku ketua IeSPA mengonfirmasi kabar keenam judul gim tersebut benar.

“Iya, keenam judul gim tersebut 1000 persen confirm. Jadi kalau ada info berbeda di media luar, itu salah,” tulis Eddy Lim, pada Kamis (20/12/2018). Jika diperhatikan, gim League of Legends (LoL), FIFA, Heartstone, dan Clash Royal yang sebelumnya dikabarkan bakal muncul di SEA Games 2019, tidak masuk ke dalam daftar. (Adt)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of