Reaksi Peluncuran Nike Hijab Pro

0
788
Nike Hijab Pro
Nike Hijab Pro. Foto: gomuslim.co.id

Bagi para muslimah di era kekinian atau biasa disebut dengan ‘zaman now’, kini tidak perlu khawatir akan aktivitas yang serba terbatas, misalnya berolahraga. Tak sedikit perempuan yang berhijab enggan beraktivitas olahraga dikarenakan ketakutan jika kepala lembab dan basah. Jangan risau. Sebuah produsen terbesar sepatu dan pakaian, Nike, membuat produk atletik khusus muslimah pecinta maupun penikmat olahraga.

Produk Nike Hijab Pro, yang terinspirasi dari atlet asal Saudia Arabia, Sarrah Attar, yang mengenakan hijab berlaga dalam pertandingan lari 800 meter di Olimpiade London. Selain Sarrah Attar, juga datang dari Amna Al Haddad, seorang atlet angkat besi dari Uni Emirat Arab yang bertanding di Olimpiade Rio 2016.

Di satu sisi, memang banyaknya keluhan dari sejumlah atlet yang mengenakan hijab tradisional saat mereka berkompetisi menjadi alasannya.

Related :  Banyak Kejutan di Pekan ke-20 Liga Kompas

Saat peluncuran produk Nike Hijab Pro diluncurkan pada pertengahan tahun lalu yang memang menuai banyak reaksi pro dan kontra dari masyarakat.

Nike Hijab Pro
Nike Hijab Pro. Poto: Bukalapak.com

Media sosial, twitter misalnya, sejumlah tweet yang mengecam Niki banyak beredar sejak perusahaan mengumumkan produk hijab, beberapa di antaranya:

@Ptkay: Saya tidak akan pernah lagi membeli produk Nike! Ketamakan mereka terhadap $$ sangat besar dan sekarang mereka mengakomodir Muslim? Tidak ada hukum sharia di Amerika!! #BOUCOTTNIKE

@realKenney: Selamat @Nike untuk mendukung pengekangan terhadap wanita melalui Pro Hijab. Menjijikkan.

@GSDDogLover: #Nike mendapatkan uang dari penindasan, dominasi, dan pengekangan terhadap wanita. Saya tidak akan membeli produk Nike lagi.

Kendati seperti itu, tak sedikit juga yang mendukung peluncuruan produk Nike Hijab Pro, terutama pihak Nike, salah satunya di media sosial instagram Amna Al-Haddad, “Saya mendukung perempuan Muslim dengan atau tanpa jilbab, dan bagaimana mereka berpakaian adalah pilihan mereka. Dan dengan Nike Sports Hijab, itu pasti akan mendorong generasi baru atlet untuk mengejar olahraga profesional, dan tanpa kita atlet yang berjuang untuk hak ini dan membuat hal itu terjadi, Nike tidak akan ‘just do it’”.

Related :  Turnamen Golf Indonesia Open 2017 Berjalan Dengan Menggandeng Sponsor Dari 5 Perusahaan BUMN

Selain untuk fasilitas atlet muslimah, produk Nike Hijab Pro juga bisa menjadikan trend mode hijab ‘zaman now’.

Kini produk yang dibuat dari kain berteknologi tinggi seperti bahan polyester halus, fleksibel, ringan, elastis, dan tidak menyebabkan cepat gerah hijab ini sudah mulai dipasarkan di awal 2018 melalui situs market online. (Dre)

Sumber: gomuslim.co.id dan republika.co.id

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of