Sebelum Kamu Terlambat Tahu, Ini Ternyata Beberapa Mitos Berolahraga

0
331
Sebelum terlambat atau tidak tahu sama sekali! (IDNtimes.com//sweatblock.com)

Kamu yang gemar merutinkan olahraga, pasti pernah sekedar mendengar beberapa informasi tentang olahraga dari orang lain. Misal, apakah kamu pernah mendengar pernyataan “olahraga di pagi hari itu lebih baik” atau “dengan berenang kamu bisa cepat tambah tinggi atau berat badan naik” ?

Banyaknya informasi yang didapat kini semua orang juga secara mudah mempraktekan apa yang didapat. Namun, dari begitu banyaknya info tentang olahraga, apa kamu tau ada beberapa diantara info tersebut yang merupakan mitos? mitos tersebut gawat loh efeknya, karena bisa saja jadi mengubah persepsi kamu tentang suatu hal. Nah, sebelum kamu terlambat atau tidak sama sekali mengetahuinya, yuk simak informasi terkait beberapa mitos berolahraga tersebut!

1. Agar tidak kram saat berenang, kamu harus menunggu satu jam setelah makan sebelum renang

Berenang setelah makan bisa kram?

Hm, sebenarnya pernyataan tersebut mitos karena belum ada penelitian yang membuktikannya. Fakta dari kram saat berenang adalah disebabkan kurang lancarnya aliran darah ke ototmu. Belum ada laporan seseorang kram saat renang karena perut kenyang, kok

2. Berolahragalah setidaknya satu atau dua kali seminggu itu sudah membuat tetap sehat

(IDNtimes.com//beautyvigour.com)

Pernyataan ini menurut Shawn Arent, seorang pakar olahraga, dibutuhkan setidaknya minimal 3 kali dalam seminggu untuk membentuk pola hidup sehat. Jadi, dari mitos yang beredar ini, tambahkan saja satu harimu lagi untuk olahraga, enggak ada salahnya kan?

Related :  4 Jenis Olahraga Ini Dapat Menjadi Penurun Berat Badan Dalam 7 Hari

3. Jika kamu belum keluar keringat berarti belum cukup berolahraga

Sesungguhnya berkeringat bukan indikasi kamu sudah banyak berolahraga. Kamu berkeringat artinya cara tubuh kamu pendinginan. Bisa saja kamu tidak berkeringat saat membakar kalori, contohnya saat kamu hanya olahraga jalan kaki santai ataupun latihan ringan.

4. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari

waktu pagi hari lebih tepat untuk olahraga, kenapa bisa?

Ini pernyataan yang sering kamu dengar, bukan? Sebenarnya fakta kapan waktu yang tepat berolahraga tidak ada. Kapanpun waktunya jika kamu ingin bisa-bisa saja. Misal, kamu lebih terbiasa olahraga di malam hari, ataupun sore hari, maka ya tetap kamu bisa lakukan.

5. Berenang dapat menurunkan berat badan dengan cepat

Berenang itu baik agar meningkatkan fungsi paru dan otot. Terkait pernyataan berenang dapat menurunkan berat badan, menurut ahli, tidak dapat dikatakan cepat turunkan berat badan kecuali bila kamu berenang berjam-jam setiap hari. Namun, kan pasti malah tidak baik jadinya buat kamu.

Alasan lain juga dikatakan, renang tidak mengeluarkan banyak tenaga karena daya apung air dapat membantu menahan bobot tubuhmu. Kemudian, biasanya saat renang akan mudah lapar, dan bisa jadi tidak akan mengurangi berat badanmu.

6. Olahraga angkat besi bisa ubah lemak jadi otot

(IDNtimes.com//building-mucle101.com)

Melihat atlet-atlet angkat besi jadi terbesit pernyataan angkat besi apakah bisa mengubah lemak jadi otot ya.. Kenyatannya tidak. Alasannya karena cara terbaik mengurangi jaringan lemak-lemak kamu adalah pola makan sehat, yaitu dengan makan sayuran, protein dengan lemak sehat (minyak ikan, zaitun), serta biji-bijian.

Related :  Mengenal Paddling Yuk! Sensasi Layaknya Selancar dengan Dayung

7. Yoga atasi nyeri punggung

Yoga atasi nyeri punggung, bagaimana kebenarannya?

Fakta membuktikan tidak semua jenis nyeri punggung dapat diatasi dengan yoga. Gerakan yoga hanya dapat mengatasi nyeri punggung yang berhubungan dengan otot. Sedangkan untuk sendi, justru jadi akan memperparah sakit tersebut.

8. Perut six-pack didapat dengan sit-up

Sit-up (IDNtimes.com//ironmanmagazine.com)

Kalau pernyataan ini, kenyataannya gerakan sit-up hanya terpaku dengan otot depan kamu. Sedangkan perut itu memiliki beragam otot baik dari depan, samping, maupun belakang. Jadi pasti kurang tepat bahkan maksimal hasilnya.

9. Minuman olahraga sangat cocok kembalikan asupan air setelah berolahraga

(merdeka.com)

Minuman olahraga kenyataannya kebanyakan hanya terdiri dari gula dan air. Para ahli pun merekomendasikan sehabis olahraga lebih baik meminum air putih. Untuk makanan, bisa dengan snack yang mengandung protein tinggi.

Nah itu tadi beberapa pernyataan mitos yang pasti kemarin-kemarin sering ya kamu dengar. Ada baiknya disetiap pernyataan yang kamu dapat ataupun dengar, benar-benar dicari dulu ya. Baik itu dicari dengan kamu membaca buku, konsultasi ke ahli, atau paling mudah yaa baca berita. Pokoknya, selamat berolahraga, sobat muda NYSN!

 

(IDN Times)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of