Sering Dipressing Saat Mengawal Bola? Jangan Kuatir, Coba 5 Cara Ini Untuk Menghadapinya

0
273
Foto: futsalvaganza.com

Setiap pemain futsal memang harus punya kemampuan bagus dalam mengawal (menggiring) bola. Baik atau tidaknya terlihat saat kamu sedang ditekan (pressing) oleh lawan. Nah.. apakah kamu orangnya yang pernah merasa tertekan oleh lawan saat mengawal bola dalam bermain futsal?

Jangan kuatir dan jangan panik, kamu bisa menghadapi semua itu dengan sigap, apabila kamu mencoba untuk mempraktekkan 5 hal dibawah ini:

1. Mengenal Posisi Pemain Lawan Sebelum Mendapat Umpan Bola

Sebelum mendapat umpan bola dari tim kamu, lihatlah dimana saja posisi lawan. Kemudian, pikirkan langkah selanjutnya bila pemain lawan mencoba menekan.

Guna trik ini agar kamu bisa antisipasi saat ada tekanan yang secara mendadak datang dari tim lawan. Sehingga, kamu bisa menghindarinya dengan baik.

Related :  Dibantu Sponsor Jakarta, Tim JK Angels Tangsel Optimis Juarai WPFL 2018

2. Giring Bola Dengan Baik

Hal ini sangat penting bagi pemain futsal ketika beraksi di lapangan. Kawalan atau giringan bola yang baik yaitu ketika dipressing langkah kamu tidak berhenti, dan tim pun bisa punya ruang untuk membantu kamu dari serangan lawan. Sehingga penguasaan bola tetap milik tim kamu.

Jika giringan kurang baik tentu akan membuat pemain lawan dapat merebut bola. Kubu kamu pun akan terancam. Maka itu, kekuatan yang optimal sangat diperlukan dalam giringan bola yang baik.

3. Berpikir untuk Keputusan

Saat dipressing lawan, kamu dituntut untuk berpikir cepat dan tepat. Langkah selanjutnya harus segera dilakukan, kamu harus memilih ingin terus mengawal bola atau menyerahkan umpan bola ke salah satu tim kamu. Keadaan inilah yang membuat keputusan terbaik harus kamu pilih, jangan sampai kelamaan, karena nanti bola akan sampai ke pihak lawan loh!

Related :  Persiapan Sudah Matang, Timnas Futsal Berharap Ada Uji Coba Internasional

4. Yakin, Tenang, dan Optimis

Agar bisa menyingkirkan tekanan tersebut, percaya dirilah, jangan gegabah dan mudah panik dengan tekanan yang dilakukan oleh lawan ke diri kamu. Dan juga, optimislah terhadap segala kemampuan yang telah kamu miliki.

5. Terus Berlatih

Segala yang ditulis diatas tidak akan pernah menjadi benar dalam kenyataan di lapangan, jika kamu jarang berlatih. Latihanlah dengan sungguh-sungguh untuk memperbaiki setiap aksi kamu. Tingkatkan kekuatanmu dalam menghadapi berbagai situasi.

Semoga bermanfaat untuk Tim Futsal !

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of