Skipping Bisa Membuat Badan Menjadi Lebih Tinggi, Mitos Atau Fakta?

0
3043
Cara Efektif Bisa Jadi Tinggi dengan Skipping. (Foto: StyleCraze)

Skipping (lompat tali), siapa yang tidak mengenal latihan gerakan olahraga ini. Latihan skipping dilakukan dengan melakukan lompatan lalu sambil sembari mengayunkan tali skipping secara memutar melewati ujung kepala dan kaki. Yang terpenting dari skipping, lompatan dilakukan secara stabil sehingga kaki tidak mengenai tali. Biasanya jumlah lompatan yang dilakukan itu tergantung dengan kemampuan yang kita bisa. Semakin lama, maka semakin tercapai manfaat yang kita inginkan.

Manfaat skipping agar tinggi? Benarkah hal tersebut

 

Manfaat dari olahraga ini banyak sekali. Salah satunya dikatakan infomanfaat.com adalah untuk meninggikan badan. Terbukti  dengan skipping bisa tinggi karena latihan ini gerakan-gerakan yang dihasilkan stabil serta punya ritme yang tetap. Seluruh bagian tubuh saat melakukan lompat tali akan bergerak secara simultan, terus-menerus, dan hal ini tentu akan memberikan efek positif terhadap pertumbuhan tulang di tubuh kita.

Cara Melakukan Skipping Yang Benar Untuk Meninggikan Badan

Panduan melakukan cara yang benar dalam skipping amat diperlukan. Walaupun terlihat seperti olahraga yang ringan dan mudah, jangan salah, cara yang salah bisa menghambat tujuan kamu yaitu salah satunya untuk mempunyai badan tinggi semampai.

Agar latihan skipping ini bisa berdampak positif secara optimal, sederhananya sebelum melakukan latihan disarankan harus pemanasan untuk menghindari cedera otot.  Kemudian, bagi kamu yang belum terbiasa, seperti pada artikel sebelumnya “menghilangkan rasa malas olahraga”, agar memulai porsi latihan yang ringan saja dulu. Terakhir, setelah melakukan skipping jangan lupa gerakan pendinginan ya.

Related :  Wakil Indonesia Akan Bertemu Di Perempat Final Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017

Nah itu tadi tips simple buat kamu.

Ilustrasi: Skipping

Mau Yang Lebih Detail Mengenai Gerakan Skipping, Apa Dan Berapa Kali Dilakukan?

Tenang, lanjut baca ya. Ini dia 5 cara yang benar skipping untuk meninggikan badan buat kamu. Iya, kamu.,

  1. Latihan skipping diawali dengan pemanasan sebelum ke latihan utama atau skipping yang sesungguhnya. Usahakan 5-15 menit setiap sesi pemanasan. Setelah itu kamu bisa melanjutkan dengan latihan utama.
  2. Sesuaikan skipping kamu dengan tinggi badan dengan  cara berdiri sambil menginjak bagian tengah tali dan tarik ujung-ujungnya di samping badan. Setelah itu Pegang erat rope (gagang skipping) dengan posisi lengan atas rapat dengan tubuh dan siku sejajar pinggang. Atau membentuk sudut kurang lebih 450 derajat. Semakin kecil sudut yang kamu buat akan semakin baik.
  3. Gerakkan pergelangan tangan untuk memutar rope dan mulailah melompat. Pandangan pun tetap konsentrasi ke depan.
  4. Kamu bisa variasikan gerakan skipping, misal lompat dengan kedua kaki maupun  mengangkat satu kaki. Perlu diingat saat melakukan lompatan, tapak kaki menghadap ke bawah dan tidak boleh ke belakang tubuh atau bahkan mencapai pantat. Satu lagi, tips yang perlu diingat, Tidak perlu melompat tinggi saat tali menyentuh lantai. Terpenting setiap lompatan tali itu menyentuh lantai dan berhasil melewati kaki kamu. Usahakan posisi agak jinjit saat mendarat, jangan sampai tumit menyentuh lantai agar  tidak mudah capek dan tidak menimbulkan suara dari sepatu. Fungsinya agar melatih kaki dengan seimbang dan mendapat manfaat dalam meningkatkan koordinasi tubuh serta keseimbangan kamu.
  5.  Lakukan skipping di tempat yang nyaman seperti diatas matras atau bila kamu di lapangan, pakailah sepatu olahraga yang bersol tebal sehingga mengurangi tekanan pada tungkai.
  6. Cara meningkatkan intensitas latihan skipping, kamu bisa gunakan tali skipping yang lebih pendek dan berat. Tali skipping pendek (namun juga jangan terlalu pendek) akan membuat putaran lebih cepat yang akan membuatmu melompat lebih sering. Untuk kamu masih mencoba, cukup gunakan tali yang ringan saja ya.
Related :  Bertema 'Fusion' Persembahan SMAN 7 Tangsel, Di Jadikan Ajang Olahraga Se-Jabodetabek
Happy Skipping … semoga bisa tinggi semampai, ya!

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of