Tahukah Kamu, Ternyata Tidak Semua Jenis Rumput Bisa Digunakan di Lapangan Sepak Bola

0
1547
Ilustrasi rumput lapangan sepakbola
Ilustrasi rumput lapangan sepakbola

Seperti layaknya pelukis dengan kanvasnya, fotografer dengan kameranya, begitu juga dengan pemain sepak bola dengan lapangannya. Ya, lapangan bagi pemain sepak bola merupakan salah satu media untuk menghasilkan karya bagi pesepakbola dalam mengolah si kulit bundar.

Sejatinya, sepak bola tidak hanya lapangan rumput saja, juga terdapat dua gawang, permukaan yang datar, dan juga benda yang berbentuk bundar yang bisa ditendang. Di atas lapangan rumput, pemain akan leluasa membuat karyanya bersama si kulit bundar. Selain itu, lapangan rumput hijau juga membuat pemain terrhindar dari risiko cedera misalnya.

Berbicara menyoal lapangan rumput hijau, tahukah kamu kalau tidak sembarang rumput yang biasa digunakan untuk bermain sepak bola. Berikut adalah beberapa jenis rumput yang biasa digunakan pada lapangan sepak bola:

Related :  Indonesia Junior League U-9 & U-11 Berakhir, Fokus Berikutnya Putar Kategori U-13

1. Zoysia Matrella (ZM)

Jenis rumput Zoysia matrella

Biasa disebut dengan rumput manila. Rumput ini memiliki warna hijau yang paling pekat. Tingkat elastisitas juga sangat baik. Tekstur rumput dengan daun yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman terkena studs (pul sepatu).

2. Cynodon Dactylon (CD)

Jenis rumput Cynodon Dactylon

Biasa disebut dengan rumput Bermuda. Kualitasnya hamper sama dengan ZM, namun kekuatan akar rumput tidak sekuat rumput ZM. Akar rumput mudah terkelupas ketika terinjak-injak pemain, karena itulah rumput lebih banyak digunakan pada lapangan golf.

3. Axonopus Compressus (AC)

Jenis rumput Axonopus Compressus

Sering juga disebut dengan rumput gajah. Rumput ini sering diketemukan di taman, alun-alun, maupun pinggir jalan. Rumput ini memiliki perakaran yang baik, namun bentuk daunnya lebih lebar jika dibandingkan dengan dua jenis rumput sebelumnya. Hal ini menyebabkan rumput menjadi lebih mudah rusak terkena pul sepatu atau studs.

Related :  Lima Kiper Terbaik Versi NYSN di Liga 1 Indonesia

Tiga jenis rumput di atas merupakan rumput lapangan sepakbola seperti kerapatan, elastisitas, mampu menahan beban, dan memiliki akar yang kuat. Tetapi di zaman modern seperti saat ini, klub-klub elit di dunia khususnya Eropa, sudah memakai rumput jenis sintetis atau buatan. (Dre)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of