Tak Disangka, 5 Makanan Ini Bisa Hancurkan Diet Kamu!

0
532
Hindari makanan perusak diet.

Bagi kamu yang sedang melaksanakan program ‘diet’ untuk mendapatkan tubuh yang ideal, tentu sangat menjaga pola olahraga dan makan. Kamu pasti sudah mengatur jadwal olahraga dan pola makan ala diet, hingga semuanya sempurna dan teratur dilaksanakan.

Namun, hasil yang dilihat bobot tubuh tidak berubah. Mengapa begitu?

Salah satu faktornya, coba lihat dari makanan apa yang kamu telah makan. Menurut lansiran vemale.com, Seringkali beberapa makanan dianggap sehat dan baik-baik saja dikonsumsi, namun ternyata bagi orang yang diet, itu bisa menghambatnya dalam menurunkan berat badan. Beberapa ahli kesehatan berkata, inilah beberapa jenis makanan yang dapat menghambat kamu dalam menurunkan berat badan:

1. Makanan dengan MSG

MSG (Monosodium glutamate)

Diet bisa gagal, bila kamu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan MSG. Walaupun penyedap makanan ini umum untuk dikonsumsi, tapi ternyata penambah rasa gurih justru meningkatkan risiko kegemukan. Penelitian dilakukan pada 750 orang Tiongkok menemukan bahwa mereka yang rutin makan makanan MSG, berisiko 3 kali lipat kelebihan berat. Jika kamu kebanyakan mengonsumsi MSG, juga memicu masalah kesehatan hati, darah tinggi, asma, kolesterol tinggi, tekanan darah, gangguan otak neurologis, gangguan pencernaan, dan sindrom metabolik. Jadi, jika kamu ingin diet kamu maksimal, jangan memakan makanan yang mengandung MSG ya.

Related :  Berkat Prestasinya di Voli Pantai Mia Bisa Berkeliling Nusantara

2. Makanan dengan emulsifier

Emulsifier adalah jenis kandungan dalam makanan yang mampu menyatukan air dan minyak. Kandungan emulsifier tidak hanya dapat menghambat diet kamu, melainkan juga bisa memicu kegemukan dan penyakit jantung. Biasanya ia terdapat pada makanan es krim, olahan (sosis, nugget, kornet, dendeng, bakso ikan, dan lainnya), mayonaise, margarin, cokelat, dan roti.

3. Pemanis buatan

Sekarang minuman dan makanan sehat dalam bentuk kemasan yang praktis telah banyak dijual. Padahal, kandungan pemanis buatan pasti ada di minuman dan makanan kemasan tersebut. Sebagai contoh, banyak orang menggunakan gula yang zero kalori untuk diet. alih-alih less sugar, padahal kandungan didalamnya juga mengandung pemanis berbahan sakarin, sucralose atau aspartam yang akan menimbulkan gangguan metabolisme (seperti risiko obesitas dan diabetes).

Jadi, jika kamu ingin hasil diet yang tak terhambat, usahakan sebisa mungkin, memasak dan mengolah sendiri makanan-minuman dietmu ya. Misal untuk makanannya, kamu bisa membuat salad sayur atau buah, sedangkan minuman layaknya infuse water.

4. Karbohidrat olahan

Pasta

Mengonsumsi karbohidrat olahan seperti mie, pasta, dan olahan tepung lain dapat menghambat dietmu. Hal ini karena bisa mengganggu kadar gula darah dan produksi insulin untuk kerja keras membersihkan gula di dalam tubuh.

Related :  Cinta Keluarga Lewat Sepeda Sehat

5. Makanan rendah lemak

Low-fat

Kamu ataupun banyak orang lainnya, pasti lebih memilih susu rendah lemak atau makanan lain yang rendah lemak. Karena tentu alasannya adalah lebih aman dan tidak buat gemuk.

Tahukah kamu hal tersebut dibantah oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, bahwa produk makanan dengan klaim rendah lemak (low-fat) tidak signifikan mengurangi kalori dalam makanan itu. Label low-fat  justru membuat kamu terjebak untuk mengonsumsi lebih banyak makanan karena merasa makan hanya separuh dari kalori sebenarnya.

Nah, sekarang sudah tau kan, jenis makanan apa saja yang dapat menghambat kamu untuk dapat tubuh ideal. Jangan sampai kelima kategori makanan diatas menghancurkan pola diet kamu. Teliti sebelum mengonsumsi makanan ala dietmu ya!

 

(Vemale.com)

Apa komentarmu?

Ayo komen untuk pertama kali!

avatar
  Subscribe  
Notify of