Tanpa Gembar Gembor, 20 Pemain Timnas Putri U-16 Menuju Kyrgyztan Tampil di Kualifikasi Piala Asia U-16

0
145
Timnas Putri U-16 pada Selasa (11/9) bertolak menuju kota Bishkek, Republik Kyrgyzstan, usai merampungkan pemusatan latihan di Banjarnegara (Jawa Tengah) dan Sawangan. Mereka akan tampil di kualifikasi Piala Asia U-16 2019. (suaramerdeka.com)
Timnas Putri U-16 pada Selasa (11/9) bertolak menuju kota Bishkek, Republik Kyrgyzstan, usai merampungkan pemusatan latihan di Banjarnegara (Jawa Tengah) dan Sawangan. Mereka akan tampil di kualifikasi Piala Asia U-16 2019. (suaramerdeka.com)

Jakarta- Timnas Putri U-16 pada Selasa (11/9) bertolak menuju kota Bishkek, Republik Kyrgyzstan, usai merampungkan pemusatan latihan di Banjarnegara (Jawa Tengah) dan Sawangan. TC ini sebagai persiapan sebelum mereka tampil di kualifikasi Piala AFC (Asia) U-16 Putri 2019

Di babak kualifikasi Piala Asia U-16 2019, Timnas putri U-16 bergabung di Grup D bersama Australia, Taiwan, Palestina, dan Kyrgyzstan. Laga-laga di Grup D ini akan digelar di Stadion Dolon Omurzakov, Bishkek, Republik Kyrgyzstan, pada 15-23 September 2018.

Pada pertandingan perdana, Sabtu (15/9), Palestina menjadi lawan Safira Ika Putri dan kolega. Jika berhasil lolos ke putaran final, maka ini akan menjadi yang pertama bagi Srikandi U-16. Sedangkan, babak putaran final AFC U-16 Putri, rencananya akan dihelat di Thailand, pada 2019.

Selama sebulan sejak awal Agustus, Timnas melakukan TC di Banjarnegara guna beradaptasi dengan suhu udara, karena cuaca di daerah ini termasuk dingin. Hal ini penting agar para pemain tak kaget dengan kondisi kota Bishkek, di Kyrgyzstan, yang terhitung sejuk, selama bulan September ini.

“Banjarnegara memiliki suhu udara yang dingin. Sehingga diharapkan para pemain bisa beradaptasi dengan cepat saat mengikuti AFC U-16 Putri, di Bishkek nanti,” jelas Manajer Tim, Lasmi Indaryani, beberapa waktu lalu.

Selama TC di Banjarnegara yang digelar di Stadion Soemitro Kolopaking, Timnas putri U-16 sudah melakoni lima uji coba menghadapi tim-tim wanita di Jateng. Hasilnya, mereka mampu memenangi empat laga dan sekali kalah.

”Kami tak membebani para pemain dengan target tinggi. Hanya, kami ingin mereka memainkan permainan terbaik di setiap pertandingan. Dengan main baik, harapannya tentu bisa menang,” kata Yani. ”Persaingan di Grup D sangat ketat. Namun, kami tetap berusaha maksimal agar bisa lolos dari penyisihan grup,” imbuhnya.

Related :  Indra Sjafri Blusukan Survey Stadion, Askot PSSI Tangerang : Belum Pasti Latih Persikota

Usai melawan Palestina pada Sabtu (15/9), di laga perdana Grup D, Timnas yang berkekuatan 20 pemain ini akan menghadapi tuan rumah, Kyrgyzstan, pada Senin (17/9), lalu berjumpa Australia pada Rabu (19/9), dan laga terakhir menantang Taiwan, pada Jumat (21/9).

Menurut pelatih Timnas Senior Putri, Satia Bagja, tensi di event yunior untuk putri ini tak akan berbeda jauh dengan situasi di level putra. Apalagi, semua negara juga nyaris memiliki persoalan yang sama, terkait kesiapan materi pemain.

“Pasti rame ‘lah untuk level Junior. Mirip di Kategori putra, meski labelnya Piala Asia, tapi kalau yang tampil adalah tim Junior, pasti berlangsung seru dan setiap negara masing-masing punya peluang untuk tampil terbaik. Apalagi, tak semua negara punya materi pemain timnas putri yang solid,” tegas Satia.

Namun, Satia menggaris bawahi jika persiapan Timnas Putri U-16 sejatinya harus memiliki program latihan serta uji coba yang realistis. Ia membandingkan Timnas Putri Senior yang kerap beruji coba dengan tim putra lokal, jelang tampil di Piala AFF Wanita 2018 dan Asian Games 2018.

“Saat uji coba dengan tim putra, pasti minim terjadi kontak fisik, body charge, ataupun sliding tackle keras. Jadi, anak-anak ya tidak realistis mainnya. Atmosfir pertandingan nggak ada. Sementara, saat kami uji coba dengan lawan Timnas putri yang sepadan, tarik-tarikan baju sesama pemain saja, bisa menjatuhkan mental,” urainya.

Related :  Siapkan Event Pemanasan Piala Asia U-19, PSSI Gelar Turnamen Mini Timnas U-19 di Pakansari

Pada kualifikasi ini, AFC menerapkan kebijakan satu negara ditunjuk sebagai tuan rumah di setiap grupnya, dengan format setiap tim akan bertemu satu kali. Untuk grup D, laga akan digelar di Bishkek, Republik Kyrgyzstan. Babak kualifikasi AFC U-16 Putri dibagi dalam dua putaran.

Untuk putaran pertama, akan digelar pada 15-23 September 2018. Sedangkan putaran kedua, diselenggarakan pada 23 Februari-3 Maret 2019. Nantinya, dua tim teratas dari masing-masing grup, akan lolos ke putaran final pada 2019. Sementara ini, AFC menetapkan Thailand sebagai tuan rumah putaran final. (art)

Skuat Timnas U-16 AFC U-16 Putri
Pelatih : Rully Nere
Kiper
Adinda Dwi Citra Prameswari (Tangerang)
Sofingatun (Kebumen)
Fani (Banjarnegara)

Belakang
Portia Fischer (Jakarta)
Shalika Aurelia Viandrisa (Jakarta)
Sasi Kirana (Tangerang Selatan)
Syafira Azzahra Ramadhanti (Sidoarjo)
Leni Maharani (Depok)
Gisela Gwen Michelle (Jakarta)
Reva Octaviani (Bogor)
Safira Ika putri Kartini (Sidoarjo)

Tengah
Helsya Maeisyaroh (Bekasi)
Azra Zifa Kayila (Jakarta)
Jasmine Sefia Waeni Cahyono (Malang)
Anisa Febiana (Sleman)
Zahra Naqiyyah Primadi (Bandung)
Sheva Imut Furyzcha (Surabaya)
Naysila Ursila (Cibinong)

Depan
Firanda (Tanjung Pinang)
Agnes Matulapelwa (Cibinong)

Penyisihan Grup Kualifikasi AFC U-16 Putri 2019
Grup A
Tiongkok, Uzbekistan, Yordania, Guam, Sri Lanka (tuan rumah)

Grup B
Laos, India, Hong Kong, Pakistan, Mongolia (tuan rumah)

Grup C
Thailand, Iran, Northern Mariana Islands, Singapura, Tajikistan (tuan rumah)

Grup D
Australia, Taiwan, Kyrgyzstan (tuan rumah), Palestina, INDONESIA

Grup
Filipina, Myanmar, Malaysia, Nepal (tuan rumah), Suriah

Grup F
Bangladesh (tuan rumah), Vietnam, Uni Emirate Arab, Bahrain, Lebanon

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of