Tarik Tambang, Olahraga Tradisional Yang Pernah Dilombakan Pada Ajang Olimpiade Kelas Dunia

0
2089
Tarik-Tambang-Salah-Satu-Olahraga-Yang-Pernah-Ada-Di-Olimpiade-Dunia-1
Salah Satu Tim Bersaing Dalam Kejuaraan Tarik Tambang Di Inggris Tahun 2015. Foto: Belfasttelegraph.co.uk

Siapa yang tidak kenal permainan tarik tambang? Permainan yang sering diselenggarakan pada hari kemerdekaan Indonesia ini merupakan salah satu permainan yang menyenangkan dan menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Dua tim dengan jumlah anggota yang sama akan beradu kekuatan menarik tali tambang hingga batas yang ditentukan. Namun, siapa yang sangka bahwa permainan yang berasal dari India Kuno ini menjadi salah satu cabang olahraga yang pernah meramaikan olimpiade musim panas dunia.

Ajang tarik tambang atau Tug Of War pernah tampil selama dua dekade dalam pelaksanaan olimpiade musim panas pada tahun 1900 hingga tahun 1920. Bermula dipertandingkan di Olimpiade Paris pada tahun 1990, usia cabang olahraga ini berhenti dipertandingkan pada Olimpiade di Antwerpen tahun 1920.

Related :  Swimming Open 2017 Jakarta Championship Siapkan Bibit ke Arena Olimpiade & PON

Pada saat itu, Inggris menjadi juara bertahan. Inggris telah mengumpulkan 2 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu. Disusul oleh Amerika Serikat yang mendapatkan 1 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Swedia juga menjadi negara yang pernah memenangkan 1 medali emas pada cabang olahraga tarik tambang.

Tarik-Tambang-Salah-Satu-Olahraga-Yang-Pernah-Ada-Di-Olimpiade-Dunia-2
Tim Inggris Melawan Tim Amerika Serikat Pada Olimpiade Musim Panas Tahun 1920. Foto: Mashable.com

Tarik tambang juga merupakan bagian dari olahraga dunia dan memiliki organisasi yaitu Tug Of War International Federation (TWIF). Bahkan TWIF, menyelenggarakan kejuaraan dunia untuk tim nasional setiap dua tahun sekali.

Peraturannya tidak jauh berbeda dengan permainan yang sekarang masih rutin dilakukan. Masing-masing tim akan terdiri dari 8 peserta dan menarik tali tambang dengan panjang kurang lebih 1,8 meter. Namun, tarik tambang harus dihapuskan pada tahun 1920.

Related :  Bagaimana Cara Internasional Olympic Committee (IOC) Memilih Tuan Rumah Olimpiade?

Komite Olimpiade Internasional menyatakan bahwa tarik tambang bukan olahraga yang memiliki asosiasi yang baik dan tidak bisa mewadahi secara global. Selain itu, tarik tambang memiliki resiko yang cukup tinggi bagi para pemain.

Meski telah dihapus, tarik tambang tetap ada dan menjadi salah satu permainan tradisional yang rutin ada dalam acara kemerdekaan Indonesia.(put)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of