Temukan Manfaat Terbaru Berolahraga Sambil Mendengarkan Musik

0
1254
Berolahraga sambil mendengarkan musik ternyata terbukti bermanfaat. Foto: kordspirasi.com

Bagi beberapa orang musik telah menjadi suatu bagian yang penting dalam hidup. Saat kamu bangun tidur, dalam perjalanan, atau bahkan saat olahraga sekalipun, musik ada menemani kegiatanmu. Jika kamu salah satu tipe orang yang terbiasa mendengarkan musik dengan headset saat olahraga, kamu pasti ingin tau, sebenarnya apakah ada manfaat mendengarkan lagu saat berolahraga?

foto: gudangkesehatan

Menurut lansiran dari tempo.co (11/3) mendengarkan musik dapat membuat kamu berolahraga jauh lebih lama. Mengapa begitu? Hal ini berdasarkan sebuah penelitian terbaru bahwa saat kamu membakar kalori sambil mendengarkan lagu akan lebih menghasilkan intensitas olahraga yang lebih lama, karena musik membuat olahraga jauh lebih menyenangkan.

Sebuah penelitian dari American College of Cardiology ke 67 berkesimpulan yang mendengar musik ketika berolahraga akan meningkatkan durasi lari dan membakar lebih banyak kalori dan energi. rata-rata seorang pelari yang mendengarkan musik mampu berlari hingga 50,6 detik lebih lama. Tak hanya sampai disitu, ekuivalen metabolik (MET) seorang pelari yang sambil mendengarkan lagu juga akan panjang, untuk orang dewasa setara 1 kalori tiap 0,99 kg berat badan per jam.

Related :  Kota Tangerang Menjadi Tuan Rumah Kejurnas Voli Antar Klub U-17
Treadmill. Foto: Panduan Hidup Sehat

berdasarkan lansiran tempo.co, penelitian pun dilakukan dari 127 orang dengan berlari di treadmill. Sebagian responden diperdengarkan musik, sedangkan sisanya tidak mendengar musik. Hasilnya, musik bermanfaat membuat olahraga lebih menyenangkan. Kemudian tes kardiak pun menunjukkan efek musik sebenarnya terkoneksi langsung dengan jantung. Artinya, semakin kamu senang berolahraga, berarti semakin baik kesehatan jantung dan semakin lama juga durasi kamu untuk berolahraga.

ilustrasi: mendengarkan lagu

Jadi, sudah tau bukan jawabannya? tunggu apa lagi, mulai besok yuk semangat olahraga, kan sudah ada musik…

(tempo.co)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of