Tentukan Kemenangan Team Bola Basket Kamu Dengan Mempelajari Latihan Rebound Ini

0
785
Ilustrasi: Rebound
Dalam permainan basket, ada sebuah teknik dimana pemain mendapat bola pantul yang gagal masuk ke ring. Itu adalah…yap, teknik rebound. Teknik ini bukan hanya sekedar “keberuntungan” yang diambil dari posisi power forward dan center. Namun, Para pemain harus menguasai teknik latihan rebound agar bisa memanfaatkan kegagalan lawan dalam memasukkan bola ke ring. Jika kamu sebagai pemain yang berbadan tinggi, dan punya posisi strategis yakni berada di dekat ring, Nah…artinya kamu sudah punya bekal untuk menjadi efektif saat melakukan rebound.

Rebound dikenal dengan 2 macam jenis yaitu ada offensive rebound dan defensive rebound.

  • Offensive rebound terjadi saat pemain mendapatkan bola pantul dari teman yang gagal melakukan tembakan. jadi ini masih se-tim kamu yang gagal memasukkan bola.
  • Defensive rebound: terjadi saat pemain mendapat bola pantul dari lawan yang gagal melakukan tembakan ke ring.
Related :  Dominan Atlet Srikandi Cup 2018, Timnas Basket Putri TC AG2018 Di Cirebon

Lantas, bagaimana teknik latihan rebound?

  • Latihan Sentuh Ring

Kamu bisa melatih lompatan menuju ke ring basket. Lompatlah setinggi mungkin sampai mencoba menyentuh si ring ini. Latihan sentuh ring berguna untuk membuat lompatan jadi tepat sasaran.

Ilustrasi: Pantul bola
  • Latihan Pantul Bola

Cukup mudah untuk gerakan teknik latihan pantul bola, yaitu cukup dengan latihan pantul bola menggunakan satu tangan. Pertama, pantulkan bola dengan satu tangan yaitu yang sebelah kiri terlebih dahulu, sebanyak lima kali sambil melompat. Pantulan kelima dilakukan sambil memasukkan bola ke ring. Lakukan juga sebaliknya dengan hal yang sama menggunakan tangan kanan. Teknik latihan rebound ini berguna untuk mengontrol bola dengan baik.
  • Latihan Box Out

Teknik latihan Rebound ini dilakukan dengan mencari 2 orang sebagai partner latihan. Diawali dengan sikap berhadapan dengan partner A, kemudian partner B disini sebagai pemain yang melakukan tembakan ke arah ring basket. Pastikan bola yang di shoot tidak masuk ke ring, Nah, saat itulah kamu dapat melatih teknik rebound mu.
Itu tadi ketiga macam teknik latihan rebound yang bisa kamu coba. Dengan perbanyak latihan dan sebuah kesempatan untuk rebound, bisa saja kamu menjadi The Next bintang NBA yang terkenal akan reboundnya, yakni Wilt Chamberlain. Selamat Mencoba!

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of