Tips Bermain Futsal: Cara Ampuh Untuk Melatih Kecepatan

0
2211
ilustrasi: Futsal

kali ini kita akan membahas mengenai tips bermain futsal dengan latihan meningkatkan kecepatan bagi pemain futsal. Kecepatan sendiri pada dasarnya merupakan senjata ampuh bagi para pemain futsal. Karena lapangan futsal sendiri luasnya tidak sebesar lapangan sepakbola maka kecepatan menjadi salah satu teknik ampuh yang harus ditingkatkan untuk menciptakan gol di futsal.

Secara sederhananya dalam tips bermain futsal kali ini, berikut  adalah beberapa metode latihan yang ampuh untuk melatih kecepatan para pemain futsal:

1. Sprint berulang

ilustrasi: sprint

Latihan lari sprint dengan jarak 10 meter secara berulang selama 6-8 kali setiap sesinya ampuh meningkatkan kecepatan dalam bermain futsal. Lari ini juga sering disebut shuttle run.

2. Sprint menggunakan ladder agility

Sprint Menggunakan Lider Agility

Ladder agility sering digunakan sebagai alat bantu berbagai latihan untuk meningkatkan kecepatan pemain. Lakukan latihan sprint menggunakan alat ini untuk meningkatkan kecepatan dan juga kelincahan pemain.

3. Sprint menggunakan alat penahan

Related :  Pulang ke Kampung Halaman, Spiderwoman Grobogan Aries Susanti Beri Motivasi Pada Siswa SMP
ilustrasi: Sprint menggunakan Penahan

Alat penahan yang dimaksud bisa berupa parasut yang diikatkan ke tubuh, bisa juga dengan ban mobil, atau untuk yang lebih sederhana meminta bantuan teman untuk menahan saat kamu berlari,namun pastikan teman kamu kuat untuk menahan tubuh kamu sehingga tidak terjatuh. Latihan ini selain menambah kecepatan juga melatih kekuatan otot pada kaki.

4. Sprint dijalan menanjak

ilustrasi: Lari menanjak

Latihan sprint di jalan menanjak selain dapat membantu meningkatkan kecepatan juga melatih fisik dan pernafasan kamu. Saat turun jangan berlari, cukup berjalan, tapi tanpa menahan kecepatan,seperti tubuh tertiup angin.

5. Berlatih secara rutin

ilustrasi: Berlatih secara rutin

Semua akan sia-sia jika latihan tidak dijalankan secara rutin. Ada baiknya dilakukan seminggu 2 kali untuk hasil yang lebih baik kamu dapat melakukan lebih intensif lagi misalnya seminggu 5 kali, tapi jangan lupa perhatikan kondisi tubuh, juga asupan makanan bergizi dan jam istirahat kamu.

Related :  Sempat Jatuh Di Gawang Terakhir, Ayu Ngotot Untuk Terus Mengejar Jati Diri

Namun, perhatikan hal-hal berikut saat melakukan latihan sprint yang dianjurkan diatas, ada baiknya dilakukan saat latihan dan juga saat pertandingan.

  • Lakukan latihan sprint dengan menggunakan ujung kaki dan berlari dengan jarak pendek agar langkah semakin cepat.
  • Ada dua jenis kecepatan, yaitu linear berupa kecepatan searah seperti berlari kedepan. Kedua, kecepaan lateral, yaitu kecepatan ke berbagai arah seperti bergerak ke kanan, kiri, depan, dan belakang. Kedua gerakan ini sangat penting untuk mengecoh lawan.
  • Stop and go, merupakan gerakan berhenti secara mendadak kemudian bergerak cepat kearah yang lain. Gerakan ini sangat efektif untuk mengecoh lawan saat bermain, dan merupakan lanjutan dari gerak lari linear dan lateral.
  • Kondisi badan saat sprint ada baiknya condong ke depan dan pinggul lebih rendah agar kecepatan semakin bertambah.

Semoga tips bermain futsal ini dapat berguna untuk meningkatkan kecepatan kamu di pertandingan futsal.

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of