Uji Coba Kedua Timnas U-19 Menang, Indra Sjafri Tunggu Satu Laga Lagi Jelang Mini Turnamen di Jakarta

0
102
Striker Timnas U-19 Todd Rivaldo Ferre (20), berebut bola dengan pemain Persibara Banjarnegara, pada laga uji coba kedua TC Piala Asia U-19, di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (8/9). Timnas U-19 menang tipis 2-1 pada laga ini. (kampiun.id)
Striker Timnas U-19 Todd Rivaldo Ferre (20), berebut bola dengan pemain Persibara Banjarnegara, pada laga uji coba kedua TC Piala Asia U-19, di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (8/9). Timnas U-19 menang tipis 2-1 pada laga ini. (kampiun.id)

Yogyakarta- Sebelum tampil di Piala Asia U-19 yang akan berlangsung 18 Oktober hingga 4 November, skuat Timnas U-19 melakukan persiapan demi meraih hasil maksimal. Tim asuhan Indra Sjafri itu menjadwalkan sejumlah pertandingan uji coba.

Salah satunya kontra tim Liga 3, Persibara Banjarnegara, yang berlangsung pada Sabtu (8/9) sore. Bertanding di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, Saddil Ramdani dan kolega menang tipis dengan skor 2-1. Pada babak pertama, Indra banyak menurunkan para pemain lapis keduanya.

Hanya nama Rifad Marasabessy, kiper Muhammad Riyandi, dan Muhammad Rafi Syarahil yang turun sebagai starter. Sedangkan Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, hingga Todd Rivaldo Ferre, masih duduk di bangku cadangan.

Dengan komposisi tersebut, Timnas U-19 kerap tertekan, namun Garuda Nusantara berhasil unggul lebih dulu di babak pertama. Sriker Aji Kusuma, sukses mengkonversi umpan mendatar dari Aulia Hidayat di menit ke 32 dan menghasilkan gol bagi Tim merah putih.

Memasuki babak 2, Timnas U-19 mulai memainkan skuat utama yang di proyeksikan tampil di piala Asia 2018. Hasilnya, Todd Rivaldo Ferre menambah keunggulan. Persibara hanya mampu memperkecil ketertinggalan, di menit-menit akhir pertandingan. Skor 2-1 tak berubah hingga laga usai.

Related :  Inspiratif, Mengenal Sosok Bambang Pamungkas, Sang Pencetak Gol Timnas Indonesia

Dalam uji coba sebelumnya, Timnas U-19 takluk dari Semen Padang, 25 Agustus lalu. Indra menilai, kini ada perkembangan pemain selama latihan. “Secara keseluruhan ada peningkatan dari pemain setelah latihan selama ini. Saya yakin semua pemain akan lebih bekerja keras dalam latihan,” ujarnya usai laga, Sabtu (8/9).

Dalam laga ji coba ini, pelatih berusia 53 tahun itu menurunkan dua tim berbeda, pada masing-masing babak. Menurutnya, langkah itu dilakukan guna mencermati performa pemain secara individu.

Sebanyak 30 pemain dipantau Indra selama TC di Yogyakarta. “Kami lihat seminggu lagi dan mungkin ada dua pemain yang dipulangkan. Kami ambil 28 pemain, dan nanti ikut Timnas U-19 dalam mini turnamen di Jakarta. Namun, sebelum itu akan ada pencoretan,” tegas pelatih asal Padang itu.

Timnas U-19 pun berencana menggelar satu partai uji coba lagi, sebelum hijrah ke Jakarta. Indra mengaku masih menunggu status lawan, dalam uji coba pamungkas bagi Nurhidayat dan kawan-kawan.

“Kami berencana ada satu uji coba lagi, pada Sabtu (15/9). Tapi masih belum tahu siapa lawannya,” ungkapnya. Paska menjalani satu uji coba yang direncanakan pada 15 September, Tim Merah putih akan langsung berpindah latihan ke Jakarta.

Related :  Raih Tempat Ketiga Piala AFF U-18, Ini Statistik Indra Sjafri Besut Egy Maulana Vikri dkk

Sedangkan, Egy Maulana Vikri, dipastikan tampil bersama Timnas U-19, dalam turnamen Piala Asi U-19. Indra mengaku telah berkomunikasi intens dengan pemain yang kini bermain untuk klub Polandia, Lechia Gdansk itu. “Insya Allah, Egy datang tanggal 15 (September),” bilangnya.

Sebelumnya sempat beredar kabar Egy bakal absen membela Garuda Muda dalam Piala Asia U-19. Hal ini menyusul dengan munculnya kritik media setempat di Polandia yang menyesalkan, jika Egy terus bolak balik ke Indonesia, mengikuti berbagai kompetisi internasional.

Namun Indra, mengaku secara personal sudah berkomunikasi intensif dengan Egy, sehingga optimistis pemain itu bisa kembali ke tanah air, untuk mengikuti pemusatan latihan sementara, bersama Timnas U-19.

Komunikasi personalnya dengan Egy juga didukung dengan komunikasi institusional, antara PSSI dengan klub Egy, Lechia Gdansk. “Saya berharap Egy segera bisa ikut pada ujicoba Timnas U-19 berikutnya,” ujarnya.

Saat ini, ia mengizinkan para pemain yang sekarang mengikuti pemusatan latihan di Yogya, untuk membela klub masing-masing jika diperlukan. Namun, kebebasan itu hanya berlaku hingga Sabtu (15/9). Indra ingin persiapan Piala Asia U-19 dilakukan penuh semua pemain, selama sebulan. (art)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of