Upaya Orang Tua Dalam Mensupport Semua Kegiatan Baseballnya Berbuah Prestasi

0
1661
Reagan saat mendapatkan medali emas dalam kejuaraan Mustang U-10 Asia Pacific Series
Reagan saat mendapatkan medali emas dalam kejuaraan Mustang U-10 Asia Pacific Series

Memantau perkembangan anak kandung yang di sayangi merupakan tanggung jawab orang tua, dan begitupun sebaliknya, berprestasi untuk membanggakan kedua orang tua dan juga membahagiakannya merupakan keseharusan.

Reagan Pangea Cherdasa, yang masih duduk di kelas 6 SD di Santa Laurensia, Alam Sutera, Kota Tangerang, sudah mengikuti baseball sejak usia 6 tahun.

Jeres Rorym Cherdasa, yang tak lain adalah ayahanda Reagan mengatakan kepada NYSN bahwa ketika itu Reagan baru masuk SD dan sedang memilih ekskul yang hendak ia ikuti. Jeres sempat menawarkan untuk bergabung dalam ekskul baseball, lalu Reagan menyetujuinya.(4/7)

Sejak saat itu, Reagan tergabung dalam tim baseball di sekolahnya bernama Lorenz. Latihan demi latihan Reagan jalani bersama anggota tim baseball lainnya, sampai akhirnya mereka dapat mengukir berbagai prestasi di tingkat nasional bahkan sudah sampai pada tingkat internasional.

Beberapa prestasi yang telah diraih oleh Reagan dan timnya adalah:

1. Juara 1 PONY Mustang U-10 Asia-Pacific Series di Singapore 2017
2. Juara 2 IBA Nankyu Boys Tournament di Singapore 2015
3. Juara 1 PONY MUSTANG U-10 Indonesia Series 2017
4. Juara 2 KEJURNAS U-12 INDONESIA 2016
5. Juara 1 Jakarta Youth Baseball Association (JYBA) 2017
6. Juara 1 Indonesia Little League (ILL) 2016

Related :  Jadi Tuan Rumah, Tim Sofbol U-18 Kendari Bidik Juara Umum Kejurnas Softball Junior U-18

Reagan juga beberapa kali mendapatkan penghargaan individu salah satunya adalah Best Pitcher For Accuracy Contest dalam turnamen PONY Mustang U-9 Asia-Pacific Series di Ho Chi Minh, Vietnam.

Reagan dan tim baseballnya dalam kejuaraan Mustang U-10 Asia Pacific Series

Jeres mengatakan bahwa dirinya memberikan kebebasan untuk mengambil jurusan ekskul yang di sukai oleh Reagan.

“Sebenarnya Reagan sangat berpotensi dalam baseball, tetapi semua itu kembali lagi ke Reagan. Saya sebagai orang tua selalu memberikan kebebasan kepada anak saya untuk memilih.” tutur Jeres.

Jeres menambahkan bahwa Reagan di percaya menjadi kapten tim di tunjuk oleh coach (pelatih).

“Reagan sebagai pemain Utility di dalam team nya dan dipercaya sebagai Kapten. Biasanya Reagan sebagai Lead-Off Batter atau Pemain Pembuka didalam Batting. Tetapi potensi atau bagaimana itu kembali lagi kepada coaches yang melatih dan menilainya, karena kalau pendapat saya sebagai orang tua nantinya akan menjadi subjective ya.” ujar Jeres, yang selalu mendukung dan mendampingi anaknya.

Related :  Bersaing Di Ajang East Asia Cup 2018, Timnas Bisbol Indonesia Incar Gelar Juara

Lebih lanjut Jeres mengatakan, walaupun dirinya memberikan kebebasan pada anaknya untuk memilih jalan hidupnya, peran orang tua tetaplah sangat penting.

“Dalam memilih sesuatu untuk anak, contohnya olahraga, tetap orang tua mempunyai peran yang penting. Karena anak kita tidak bisa jalan sendiri dan orang tua juga harus mempunyai komitmen. Jika tidak mempunyai komitmen, tidak akan bisa membimbing anak.” kata Jeres.

Menurut Jeres, Reagan selama ini tidak pernah dibujuk dengan hadiah agar bersemangat memenangkan pertandingan. Karena bagi Jeres, tidak ada orang yang suka kalah dalam suatu kompetisi, dan kemenangan yang didapatkan pasti akan membuatnya terus berjuang untuk menang lagi dan lagi.

“Jika kita menyalurkan kegiatan dengan hal yang positif, insyaallah hasil kedepannya akan selalu positif. Kecewa karena kalah pasti ada, bahkan tidak hanya terjadi sekali, tapi saya selalu menanamkan jika kita gagal, bangkit lagi, latihan lagi. Hal itu juga akan berguna untuk kehidupannya di masa mendatang.” tutup Jeres mengakhiri perbincangan dengan NYSN.(crs/adt)

Apa komentarmu?

avatar
  Subscribe  
Notify of