5 Calon Andalan Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia

0
82
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan Saat Memberikan Semangat Kepada Timnas Indonesia U-23 Yang Saat Ini Sedang Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23. (Foto: Dok. PSSI)

Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 akan tampil di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang digelar di Tajikistan pada akhir Oktober nanti. Berikut 5 calon andalan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong memanggil 33 pemain untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23 di Tajikistan. Sayang, tiga pemain Timnas Indonesia U-23 yaitu Egy Mualana Vikri, Syahrian Abimanyu, dan Saddil Ramdani dipastikan tidak bisa ambil bagian dalam Kualifikasi Piala Asia U-23.

Egy Maulana dan Syahrian Abimanyu tidak mendapatkan izin oleh klubnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 lantaran ajang ini di luar agenda FIFA Match Day. Sedangkan, Saddil Ramdani tidak dapat bergabung dengan timnas karena cedera.

Meski demikian, Timnas Indonesia U-23 masih memiliki beberapa pemain yang bisa diandalkan pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-23 nanti.

Selain masih diperkuat nama-nama beken seperti Amiruddin Bagus Kahfi, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Rachmat Irianto, Timnas Indonesia U-23 juga memiliki beberapa pemain lain yang bisa menjadi andalan di Kualifikasi Piala Asia U-23 nanti.

Berikut 5 Calon Andalan Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23:

1. Natanael Siringo Ringo (Kelantan FA)

Natanael Siringo Ringo. (Foto: Dok. PSSI)

Penampilan bersinar bersama klub Divisi Dua Liga Malaysia, Kelantan FA, membuat Natanael Siringo Ringo dipanggil oleh Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23.

Natanael dikenal merupakan pemain yang memiliki kecepatan, skill, ketajaman, dan mampu bermain di posisi gelandang, winger, atau penyerang.

Kehadiran Natanael di Timnas Indonesia U-23 diyakini bakal memberikan warna baru bagi permainan tim di Kualifikasi Piala Asia U-23 nanti. Walaupun, Natanael masih harus bersaing dengan beberapa pemain berkualitas di posisi winger seperti Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek, atau Gunansar Papua Mandowen.

2. Beckham Putra Nugraha (Persib)

Beckham Putra Nugraha. (Foto: Goals Indonesia)

Gelandang muda Persib Beckham Putra Nugraha telah menunjukkan kontribusi besar untuk Tim Maung Bandung di Liga 1 2021. Pemain berusia 19 ini telah menyumbang dua gol dan satu assist dari enam pertandingan yang dilakoni bersama Persib di Liga 1 musim ini.

Catatan gemilang Beckham di Liga 1 2021 ini diyakini juga akan membuatnya mendapat kepercayaan lebih dari Shin Tae Yong saat memperkuat Timnas Indonesia U-23. Beckham adalah pemain yang dikenal memiliki kelincahan, visi bermain yang baik, skill, dan punya naluri mencetak gol yang tinggi.

3. Marselino Ferdinan (Persebaya)

Marselino Ferdinand (Tengah Gambar) Saat Membela Persebaya Surabaya. (Foto: Dok. LIB)

Nama Marselino Ferdinan mencuat saat tampil apik bersama Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF U-15 2019. Kini, kehadiran Marselino Ferdinan diyakini akan menambah kekuatan lini tengah Timnas Indonesia U-23.

Gelandang Persebaya berusia 17 ini dikenal adalah pemain yang memiliki visi bermain yang baik, skill, punya penetrasi yang baik, dan memiliki ketajaman. Meski usianya masih muda, Marselino kini menjadi andalan Persebaya di Liga 1. Adik kandung dari gelandang Persebaya Oktafianus Fernando itu sejauh ini telah tampil di lima pertandingan Persebaya di Liga 1.

Potensi Marselino juga diakui oleh media Inggris, The Guardian, yang memasukkan namanya dalam 60 wonderkid terbaik di dunia.

4. Ramai Melvin Rumakiek (Persipura)

Ramai Melvin Rumakiek. (Foto: Dok. PSSI)

Liga 1 2021 menjadi panggung bagi gelandang muda Persipura, Ramai Rumakiek. Pemain berusia 19 ini sukses menunjukkan penampilan gemilangnya saat debut di Liga 1 musim ini.

Ramai Rumakiek telah menempatkan dirinya menjadi pemain andalan dari pelatih Persipura Jacksen Ferreira Tiago. Ramai kini telah mencetak satu gol dari lima penampilannya di Liga 1 2021.

Penampilan gemilang di Liga 1 2021 juga telah mengantarkannya ke Timnas Indonesia. Ramai telah melakoni debut di Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae Yong saat Tim Garuda mengalahkan Taiwan 2-1 di leg pertama playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, 7 Oktober lalu.

Dalam laga debut tersebut, Ramai sukses mencetak satu gol dan menjadi gol pembuka Indonesia saat mengalahkan Taiwan.

5. Ronaldo Joybera Junior Kwateh (Madura United)

Ronaldo Joybera Junior Kwateh. (Foto: Dok. PSSI)

Ronaldo Joybera Junior Kwateh telah menunjukkan sinarnya di Liga 1 2021. Dia menjadi salah satu pemain termuda Liga 1 2021 dengan usia 16.

Meski masih terbilang muda, Ronaldo Kwateh mampu merebut tempat utama dalam skuad bertabur bintang di Madura United. Ronaldo selalu tampil dalam enam pertandingan Madura United di Liga 1 2021.

Penampilan regulernya di Liga 1 diyakini semakin mengasah kemampuan serta mental anak kandung dari mantan penyerang asing di Liga Indonesia, yakni Roberto Kwateh tersebut.

Ronaldo bisa menjadi opsi terbaik untuk mengisi posisi penyerang tengah atau winger di Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae Yong.

Sumber: CNN Indonesia
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments