5 Pemain Muda Potensial yang Siap Meroket di Euro 2020

0
134
5 Pemain Muda Potensial yang Siap Meroket di Euro 2020
Logo Euro 2020.

Gelaran akbar sepak bola antar negara Eropa alias EURO 2021 atau Piala Eropa 2020 akan segera dihelat mulai Sabtu (12/6/2021). Total ada 24 negara akan bersaing memperebutkan gelar juara. Tak jarang, Euro menjadi panggung bagi para pemain muda potensial untuk menunjukkan kehebatan mereka bersama tim nasional. Berikut lima pemain muda calon bintang di Euro kali ini.

1. Pedri (Spanyol)

Pedri. (image credit: imago images)

Di tengah kegagalan Barcelona merebut gelar Liga Spanyol dan Liga Champions musim ini, Pedri jadi salah satu pemain yang menonjol dan jadi kabar positif dari perjalanan Blaugrana.

Pedri baru pindah dari Las Palmas dan ternyata mampu menembus tim inti Barcelona. Pemain berusia 18 tahun ini total bermain dalam 52 laga untuk Barcelona di seluruh kompetisi.

Jumlah tersebut terasa sangat spektakuler untuk pemain debutan berusia 18 tahun. Performa apik di Barcelona membuat Pedri juga punya kesempatan empat kali tampil bersama La Furia Roja tahun ini.

Di Euro 2020, Pedri bisa jadi tampil mengejutkan dan jadi salah satu bintang muda di timnas Spanyol.

2. Jude Bellingham (Inggris)

Jude Bellingham. (Image credit: Facebook.com/The Three Lions)

Nama Jude Bellingham mulai sering dibicarakan ketika memutuskan hijrah dari Birmingham ke Borussia Dortmund awal musim ini. Jude Bellingham menyita perhatian karena berani meninggalkan kampung halamannya di Inggris ketika masih berusia 16 tahun.

Perjudian Jude Bellingham dan Borussia Dortmund sejauh ini bisa dikatakan berjalan mulus. Sebab, Jude Bellingham terlihat tidak kesulitan beradaptasi dan sukses menembus skuad utama Dortmund. Jude Bellingham berhasil tampil reguler dengan catatan 46 penampilan di semua kompetisi musim lalu.

Jude juga menjadi pemain termuda dengan usia saat ini yakni 17 tahun 338 hari. Rekor pemain muda sebelumnya juga pernah dipegang senior Timnas Inggris, Wayne Rooney, ketika memperkuat Timnas Inggris pada 2003 silam. Saat itu usia Rooney baru 17 tahun 321 hari.

3. Kylian Mbappe (Prancis)

Kylian Mbappe. (Image Credit: Getty Images)

Kemampuan Kylian Mbappe di atas lapangan hijau memang tak perlu diragukan lagi. Pemain yang kerap menempati posisi sebagai gelandang serang maupun penyerang sayap tersebut telah mengoleksi segudang prestasi, baik bersama Timnas Perancis maupun di level klub.

Mbappe sukses membawa Les Bleus menggondol juara Piala Eropa U-19 di level junior. Ia kemudian turut mengantar negaranya memboyong trofi Piala Dunia 2018 di Rusia, saat masih menginjak usia 19 tahun. Remaja kelahiran 1998 itu tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Timnas Perancis yang sanggup mencetak gol di Piala Dunia. Mbappe juga dianugerahi penghargaan Pemain Muda Terbaik di ajang Piala Dunia 2018.

4. Kai Havertz (Jerman)

Kai Havertz. (Image Credit: Getty Images)

Kai Havertz telah melejit jadi salah satu pemain muda paling bersinar di sepak bola Eropa.

Keberhasilan bersama Bayer Leverkusen mengantar dirinya ke Chelsea musim lalu. Havertz langsung sukses jadi pahlawan The Blues untuk memenangkan Liga Champions musim ini.

Kai Havertz akan memulai debut di ajang internasional perdananya bersama Der Panzer di Euro 2020 (Euro 2021). Harapan besar bakal disematkan pada Havertz yang piawai ditempatkan di beberapa posisi ini.

5. Phil Foden (Inggris)

Phil Foden. (Image Credit: Getty Images)

Phil Foden adalah bintang muda lainnya di timnas Inggris. Merujuk pada performa bersama Manchester City sepanjang musim, Foden hampir pasti mendapat tempat di tim inti Inggris.

Foden bisa bermain sebagai gelandang maupun penyerang sayap dan kemampuan ini bisa jadi nilai plus untuk Inggris.

Foden punya peran penting di balik keberhasilan Man City merebut dua gelar musim lalu. Foden juga terpilih sebagai pemain muda terbaik Liga Inggris dan masuk skuad pilihan Liga Champions.

Meski tim nasional Inggris banyak dihuni oleh pemain-pemain muda berbakat dan berasal dari klub-klub top Eropa, namun, negara dengan rata-rata usia skuad paling muda di Euro 2020 adalah Turki. The Crescent-Stars memiliki rata-rata usia skuad 24,9 tahun, sementara The Three Lions atau Timnas Inggris memiliki rata-rata usia skuad yakni 25,2 tahun.

Pemain termuda dalam skuad Turki adalah Ridvan Yilmaz (20 tahun, kelahiran 21 Mei 2001) yang membela Besiktas. Pemain tertua mereka adalah Burak Yilmaz (35 tahun, kelahiran 15 Juli 1985), pemain dari skuad juara Liga Prancis 2020/21, Lille.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments