5 Petenis Muda Yang Bersinar Sepanjang 2020

0
1235
Iga Swiatek
Iga Swiatek Menjadi Salah Satu Petenis Muda Paling Bersinar Sepanjang 2020. (Foto: REUTERS/Christian Hartmann)

Petenis-petenis muda potensial yang muncul sepanjang 2020 memberi sinyal bahaya pada dominasi bintang-bintang senior. Mereka datang sambil mengantarkan kejutan demi kejutan. Rekor demi rekor. Seiring waktu berjalan, pengalaman serta kematangan mereka terasah. Berikut 5 petenis muda paling bersinar sepanjang 2020.

Iga Swiatek (Polandia)

Iga Swiatek
Iga Swiatek. (Foto: AP Photo/Christope Ena)

Iga Swiatek menjadi wajah baru yang paling menonjol di musim tenis tahun ini setelah menjuarai Prancis Terbuka. Petenis Polandia pertama yang menang Grand Slam itu kini menempati peringkat 17 WTA, remaja dengan ranking tertinggi di sektor tunggal putri.

Dengan gelar Prancis Terbukanya itu, pemain berusia 19 tahun ini menjadi juara turnamen tunggal termuda sejak Rafael Nadal (2005) dan di sektor tunggal putri sejak Monica Seles (1992).  Menarik melihat kiprahnya di musim tenis tahun depan.

Biodata

Nama Lengkap: Iga Świątek
Tempat/Tanggal Lahir: Warsaw, Polandia/31 Mei 2001
Tinggi Badan: 176 cm
Ranking Saat Ini: 17 (singles)

Amanda Anisimova (Amerika Serikat)

Amanda Anisimova
Amanda Anisimova. Foto: AP)

Petenis Amerika Serikat ini menjadi petenis ketiga termuda yang berada di peringkat 100 besar dunia WTA. Amanda Anisimova memulai tahun ini di Auckland Terbuka di mana ia mengalahkan Kateryna Kozlova, Daria Kasatkina, dan Eugenie Bouchard meski harus menyerah di tangan Serena Williams di semifinal.

Ia tampil menjanjikan di turnamen Doha, tetapi harus mundur karena cedera. Semenjak Maria Sharapova mengumumkan pensiun di awal tahun 2020, Amanda Anisimova disebut-sebut sebagai calon pengganti petenis asal Rusia tersebut.

Biodata

Nama Lengkap: Amanda Anisimova
Tempat/Tanggal Lahir: Freehold, New Jersey, AS/31 Agustus 2001
Tinggi Badan: 180 cm
Ranking Saat Ini: 30 (singles)

Carlos Alcaraz (Spanyol)

Carlos Alcaraz
Carlos Alcaraz. (Foto: AFP)

Petenis berusia 17 tahun ini cukup fenomenal di sepanjang 2020. Ia menutup musim sebagai pemain termuda di 600 besar peringkat ATP dengan bercokol di posisi 141 dunia. Petenis Spanyol ini memulai 2020 dengan memenangkan 14 dari 15 pertandingan pertamanya di sirkuit ITF Future.

Carlos Alcaraz kemudian memenangkan 20 dari 24 pertandingan terakhirnya di level ATP Challenger. Dari situ, ia membawa pulang tiga gelar, yakni di Triester, Barcelona, dan Alicante. Dalam debut turnya di Rio de Janeiro, ia menjadi petenis kelahiran 2003 pertama yang memenangkan pertandingan ATP.

Biodata

Nama Lengkap: Carlos Alcaraz
Tempat/Tanggal Lahir: El Palmar, Murcia, Spanyol/5 Mei 2003
Tinggi Badan: 185 cm
Ranking Saat Ini: 141 (singles)

Jannik Sinner (Italia)

Jannik Sinner
Jannik Sinner. (foto: Reuters)

Jannik Sinner mencapai peringkat ATP terbaiknya yakni ranking 37 pada November 2020 lalu. Di 2019, ia memanjat naik dari peringkat 553 dunia hingga peringkat 78 di akhir musim. Tahun ini pun ia meloncati lebih dari 40 peringkat.

Pemain berusia 19 tahun ini memenangkan pertandingan pertamanya di babak utama Grand Slam ketika berlaga di Australia Terbuka.

Biodata

Nama Lengkap: Jannik Sinner
Tempat/Tanggal Lahir: San Candido, Italia/16 Agustus 2001
Tinggi Badan: 188 cm
Ranking Saat Ini: 137 (singles)

Felix Auger-Aliassime (Kanada)

Felix Auger-Aliassime
Felix Auger-Aliassime. (Foto: Reuters)

Meski bukan tahun terbaik Felix Auger-Aliassime, di penghujung 2020 petenis berusia 20 tahun ini sanggup mempertahankan posisinya di ranking 20 besar dunia. Ia mencapai final secara back-to-back di Rotterdam dan Marseille sebelum hiatus karena pandemi.

Di AS Terbuka, untuk pertama kalinya ia mencapai babak keempat di turnamen Grand Slam. Ia juga mengusir pulang eks petenis nomor satu dunia, Andy Murray saat mencapai babak 16 besar. Patut dinanti apakah di musim 2021 Felix Auger-Aliassime mampu mengakhiri puasa gelarnya.

Biodata

Nama Lengkap: Felix Auger-Aliassime
Tempat/Tanggal Lahir: Montreal, Kanada/8 Agustus 2000
Tinggi Badan: 193 cm
Ranking Saat Ini: 21 (singles)

(sumber: IndoSport)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments