6 Atlet Termuda di Olimpiade Tokyo

0
256
6 Atlet Termuda di Olimpiade Tokyo
Logo Olimpiade Tokyo 2020. (Image Credit: Shutterstock)

Olimpiade bukan hanya milik para atlet dengan segudang pengalaman. Gelaran olahraga terbesar di dunia ini juga menjadi panggung bagi para atlet belia. Meski masih muda, atlet-atlet belasan tahun ini juga dipercaya untuk mewakili negaranya. Berikut adalah 6 atlet di bawah 17 tahun yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

1. Brighton Zeuner (16 tahun) – Skateboard

Brighton Zeuner. (Photo: Joey Shigeo)

Meski masih berusia 16 tahun, pemain skateboard Brighton Zeuner akan menjadi salah satu atlet yang dikirim oleh Amerika Serikat. Olimpiade 2020 di Tokyo ini pun akan menjadi yang pertama baginya. Zeuner sendiri sudah pernah menjadi juara X Games pada tahun 2017 saat masih berusia 13 tahun.

2. Sky Brown (13 tahun) – Skateboard

Sky Brown. (Photo by: Joe Pugliese and @oh_so_co)

Stok pemain skateboard di Amerika Serikat memang tak pernah habis. Selain Zeuner, AS juga bakal mengikutkan pemain berusia 13 tahun bernama Sky Brown. Brown bahkan melampaui rekor atlet renang Margery Hinton yang berusia 13 tahun 44 hari ketika ia berkompetisi di Olimpiade Amsterdam 1928 lalu. Diberitakan ESPN, sebelumnya telah memenangkan beberapa gelar seperti medali perak di Dew Tour, serta perunggu pada kejuaraan dunia di Rio de Janeiro

3. Katie Grimes (15 tahun) – Renang

Katie Grimes. (Image: Twitter @ usaswimming)

Sebagai salah satu kandidat juara umum, Amerika Serikat juga mengirim atlet muda berusia 15 tahun. Ia adalah perenang bernama Katie Grimes. Dikutip dari Today.com, ini akan menjadi Olimpiade pertama Grimes. Sebelumnya, AS juga pernah mengirim perenang 15 tahun Katie Ledecky pada Olimpiade 2012 di London lalu.

4. Quan Hongchan (14 tahun) – Menyelam

Quan Hongchan. (Image: min.news)

Tak mau kalah dengan Amerika Serikat, Tiongkok juga mengirim atlet belianya. Dikutip dari South China Morning Post, mereka akan mengirim penyelam berusia 14 tahun bernama Quan Hongchan. Quan memulai kompetisi resminya pada tahun usia tujuh tahun saat mewakili Provinsi Guangdong pada perhelatan olahraga nasional. Bahkan, tahun lalu ia memenangkan emas pada kejuaraan nasional.

5. Chen Yuxi (15 tahun) – Menyelam

Chen Yuxi. (Image Credit: Xinhua/Wang Jingqiang)

Selain Quang Hongchan, Tiongkok juga memiliki penyelam belia berusia 15 tahun bernama Chen Yuxi. Tak sekadar mencari pengalaman, Yuxi bahkan ditargetkan bisa meraih emas. Ia diyakini mampu menggondol emas dari kelas 10 meter. Maklum jika Tiongkok memasang target tinggi, dua tahun lalu, Yuxi memenangkan gelar dunia.

6. Hend Zaza (11 tahun) – Tenis Meja

Hend Zaza. (Image Credit: Tony Leung/Hong Kong Table Tennis Association Ltd)

Predikat atlet termuda pada gelaran Olimpiade 2020 di Tokyo mendatang dipegang oleh petenis meja asal Suriah, Hend Zaza. Dikutip dari website resmi Olimpiade Tokyo, remaja berusia 11 tahun ini memiliki rangking 155 dunia. Ia lolos ke Tokyo setelah mengalahkan petenis meja asal Lebanon, Mariana Sahakian.

Rekor pemain termuda Olimpiade sendiri masih dimiliki oleh atlet senam asal Yunani, Dimitrios Loundras. Saat berlaga pada Olimpiade tahun 1896, ia masih berusia 10 tahun dan memenangkan perunggu.

Sumber: IDN Times
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments