Ada Messi. Ini Daftar Tiga Pemain Top Jebolan Piala Dunia U-20

0
60
Lambang Resmi Piala Dunia FIFA U-20 2023™ Indonesia Diluncurkan pada Hari Kemerdekaan
Lambang Resmi Piala Dunia FIFA U-20 2023.

Enam stadion di Tanah Air tengah disiapkan untuk menyambut penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang bakal bergulir pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Jakabaring (Palembang), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Erick Thohir yang baru terpilih sebagai Ketum PSSI periode 2023-2027 bakal berperan penting dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Dia dikenal memiliki rekam jejak positif di kancah sepak bola dan pernah terlibat dalam pengembangan tim sepak bola kelas dunia, Inter Milan.

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade yang juga Perwakilan Semen Padang FC mengatakan, pengalaman Erick sebagai presiden Inter Milan dianggap sebagai modal awal yang baik untuk memajukan kancah sepak bola Indonesia.

Beliau memiliki modal dasar dan pengalaman yang cukup karena sempat memimpin klub sepak bola kelas dunia. Selain itu, pengalaman beliau di PERBASI bagaimana belau membangun olahraga basket di Indonesia sehingga mendapatkan prestasi juga diharapkan bisa diaplikasikan dalam dunia sepak bola Indonesia,” kata Andre.

Selain itu, menurut Andre, sepak terjang Erick sebagai Menteri BUMN juga cukup baik. Itu tercermin dari kinerja BUMN yang kini bisa mengantongi laba, bahkan dapat menyetorkan dividen terbesar dalam sejarah Republik Indonesia.

Hal ini memberikan optimisme bahwa Erick Thohir bisa melakukan perubahan yang signifikan di dunia sepak bola Indonesia,” ucapnya.

Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 sendiri jadi salah satu perhelatan paling dinanti seluruh dunia. Konon, dari ajang ini, banyak bermunculan talenta-talenta muda berbakat yang kini dikenal di kancah dunia sepak bola profesional. Berikut daftar tiga pemain top jebolan Piala Dunia U-20:

Harry Kane

Image Source: Via: The FA

Harry Kane dikenal sebagai penyerang utama klub Liga Primer Inggris Tottenham Hotspur dan timnas Inggris. Mengutip Fifa.com, Kane adalah anggota skuad The Three Lions untuk Piala Dunia FIFA U-20 di Turki pada 2013 atau 10 tahun lalu dan dan tampil di ketiga pertandingan penyisihan grup.

Dari sana, Kane mendapat kepercayaan menjalani debut senior timnas Inggris untuk ikut menghadapi Lithuania di Stadion Wembley pada Maret 2015 silam.

Lionel Messi

Photo Credit: AFP/Getty Images/Photograph: Aris Messinis

Nama Messi makin melambung setelah memimpin timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar. Dari ajang itu, dia juga menjadi pemain pertama dalam sejarah dengan 10 penghargaan Player of the Match di Piala Dunia dan memenangkan gelar keempatnya di edisi 2022. Kemudian, Messi juga memperpanjang rekor dengan menyabet 11 kemenangan ketika menaklukkan Prancis di final.

Mengutip augustman.com, Messi tetap punya karier panjang di dunia sepak bola, bahkan sejak dirinya masih belia. Messi baru berusia 18 tahun ketika memulai karirnya di panggung internasional dengan membantu Argentina memenangkan Piala Dunia U-20 di Belanda pada 2005 silam.

Diego Maradona

Photo Credit: Via: FIFA

Pria kelahiran Buenos Aires, Argentina, 30 Oktober 1960 ini dikenal lewat prestasinya yang luar biasa di dunia sepak bola internasional. Tutup usia pada 25 November 2020 lalu, Maradona bisa dibilang sebagai legenda sepak bola yang menginspirasi banyak atlet muda di seluruh dunia. Bagaimana tidak, kemampuannya mengontrol bola dan menciptakan peluang mencetak gol untuk dirinya sendiri dan orang lain telah membuat karier sepak bolanya bersinar.

Bahkan, dia berhasil memimpin klub yang dibelanya untuk menjuarai berbagai kejuaraan di Argentina, Italia, dan Spanyol. Lalu tentu saja, Maradona juga berhasil menjadi bintang saat timnas Argentina memenangkan Piala Dunia 1986.

Britannica.com mencatat, Maradona memulai karier sepak bola profesionalnya setelah menandatangani kontrak dengan Argentinos Juniors pada usia 14 tahun dan melakukan debutnya di divisi pertama pada tahun 1976, 10 hari sebelum ulang tahunnya yang ke-16.

Hanya empat bulan berselang, dia melakukan debut bersama timnas dan menjadi pemain Argentina termuda yang pernah melakukannya. Meski dicoret dari skuad juara Piala Dunia 1978 karena terlalu muda, Maradona sukses memimpin timnas Argentina U-20 untuk menjadi juara Piala Dunia Junior pada tahun berikutnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments