Adakah Batas Umur Jadi Atlet Bulu Tangkis Menurut BWF?

0
1817
Adakah Batas Umur Jadi Atlet Bulu Tangkis Menurut BWF?
Salah Satu Peserta Audisi Umum Bulu Tangkis. (Foto: Dok. Jawa Pos/Hendra Eka)

Berapa batas umur jadi atlet bulu tangkis? Apakah bisa menjadi atlet bulu tangkis jika memulai di usia dewasa? Simak aturan BWF dan usia ideal untuk berkarir sebagai atlet bulu tangkis, lengkap dengan jawaban berapa batas umur jadi atlet bulu tangkis berikut ini.

Secara umum, sebenarnya tidak ada batas umur bermain bulu tangkis. Jadi, berapa pun usiamu bisa tetap menjadi pemain bulu tangkis.

Bahkan, BWF mengadakan berbagai level turnamen untuk berapa pun usia atlet bulu tangkis mulai dari level junior, dewasa hingga senior.

Pertandingan junior bisa diikuti oleh anak-anak hingga remaja yang berusia kurang dari 19 tahun. Level turnamen dewasa bisa diikuti oleh atlet badminton usia 19 tahun ke atas dan kurang dari 35 tahun.

Sementara itu, level senior bisa diikuti atlet bulu tangkis berusia 35 tahun ke atas.

Ada pun pebulutangkus tertua di dunia yaitu Lin You Mao. Bahkan ia mendapatkan Rekor Dunia Guinness sebagai pemain bulu tangkis tertua di dunia. Lin yang lahir 15 Agustus 1922 telah menjadi pemain tetap di beberapa kompetisi bulu tangkis Taiwan selama bertahun-tahun.

Namun perlu diketahui, jika kamu mulai belajar bulu tangkis di usia 20 tahun ke atas, maka kamu hanya bisa menjadi pemain bulu tangkis biasa tapi tidak bisa jadi atlet badminton profesional.

Simak penjelasan batas umur atlet bulu tangkis dengan contoh sederhana berikut ini.

Sebagai contoh, kamu memulai belajar bulu tangkis di usia 22 tahun, maka kamu perlu waktu dua tahun untuk mengasah keterampilan dan skill bulu tangkis.

Selanjutnya, kamu perlu waktu 2-3 tahun untuk bertanding dengan rekan satu tim untuk mempelajari taktik dalam permainan.

Lalu, kamu perlu belajar lagi selama 2 tahun untuk mengasah mental dan memperbanyak jam terbang di pertandingan nasional hingga internasional.

Setelah perjalanan panjang itu, kamu sudah mencapai usia mendekati pensiun dan kondisi fisik yang mulai menurun.

Oleh sebab itu, banyak asosiasi bulu tangkis yang mencari anak-anak berbakat sejak usia anak-anak yakni 7-8 tahun. Selanjutnya mereka akan dilatih dengan keras dan ketat hingga usia 17 tahun.

Jika kamu ingin menjadi atlet bulu tangkis profesional, coba cek aturan klub bulu tangkis Indonesia seperti PB Djarum, Jaya Raya, dan lainnya terkait ketentuan usia.

Batas Umur dan Peta Karir Atlet Bulu Tangkis

Berikut kami merangkum ketentuan batas umur dan peta karir atlet bulu tangkis yang dikutip dari website PB Djarum.

1. Usia 7-8 tahun

Mulai belajar bermain bulu tangkis di klub-klub di kota asalnya

2. Usia 12-13 tahun

Mulai meniti karir bulu tangkis di klub besar

3. Usia 15-16 tahun

Mulai menentukan bulu tangkis sebagai pilihan karir

4. Usia 18-19 tahun

Diharapkan sudah masuk ke skuad nasional

5. Usia 20 tahun

Mulai mengukir prestasi internasional

6. Usia 23 tahun

Di puncak kematangan sebagai seorang atlet

7. 29-30 tahun

Jika terus menekuni bulu tangkis, bisa memulai karir sebagai pelatih

Itulah aturan BWF dan usia ideal untuk berkarir sebagai atlet bulu tangkis, lengkap dengan jawaban berapa batas umur jadi atlet bulu tangkis.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments