Arval Raziel Rebut Emas di SEAFF

0
57
Arval Raziel Rebut Emas di SEAFF
Peraih medali emas SEAFF 2023, Arval Raziel R Sundara. (Foto: Via: Go Sumbar)

Tim Anggar Indonesia merebut 1 medali emas, 3 perak dan 10 perunggu pada Kejuaraan Anggar Asia Tenggara (SEAFF) yang digelar di Arena Tan Sri Hamzah Kuala Lumpur, Malaysia, 5-13 Januari 2022.

Satu-satunya medali emas direbut Arval Raziel R Sundara yang tampil di nomor kadet jenis senjata Eppe perorangan putra di kejuaraan yang pertama kali dipelopori Indonesia tersebut. Medali emas ini yang pertama di SEAFF setelah 8 tahun.

Dalam pertandingan final, putra mantan peraih medali perak SEA Games 2011, Sundara ini mengalahkan atlet Filipina, Joseph Anthony Gobout Skor 15-14. Sebelumnya di semifinal, Arval, panggilan akrabnya, menundukkan atlet tuan rumah, Malaysia, Nazman Shah Skor 15-13.

Medali emas ini bukan hanya dipersembahkan Arval Raziel bagi Indonesia tetapi sebagai kado spesial buat Hari Ulang Tahun (HUT) Ibunya, Ziezie Ardikusuma yang juga mantan atlet taekwondo nasional.

Saya sangat bangga dan senang terlebih pada saat meraih emas Kamis, 12 Januari bertepatan hari ulang tahun mimih (panggilan ibu). Makanya, saya persembahkan medali emas ini sebagai kado spesial untuknya dan Indonesia,” kata Arval Raziel.

Atlet yang bernaung di Sasana Olahraga Knight Fencing Bogor ini punya target tampil di event dunia dan juga mempersembahkan medali pada Olimpiade. Makanya, dia berharap bisa mendapat kesempatan mengikuti berbagai kejuaraan level internasional.

Saya butuh lebih banyak tampil di ajang event internasional dalam rangka menambah pengalaman bertanding dan mengukur sejauh mana perkembangan prestasi yang telah dicapai selama menjalani latihan,” katanya.

Tiga medali perak diraih Indonesia melalui Nisa Afrawamasih (Junior Individual Women’s Epee), Junior Team Women’s Foil, dan Siti Alleyda Oddethraguna (Cadet individual Women’s Foil).

Sedangkan 10 medali perunggu disumbangkan atlet Olimpiade 2012 London, Diah Permatasari di kelompok senior untuk senjata Sabre, Senior Team Men’s Epee, Senior Team Women’s Epee, Senior Team Women’s Foil, Senior Team Men’s Foil, Senior Team Women’s Sabre, Junior Team Women’s Epee, Junior Team Men’s Sabre, dan Norhayati (Cadet Individual Women’s Foil).

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments