Atlet Muda Tampil Memukau di Indonesia Ice Skating Open 2023

0
130
Atlet Muda Tampil Memukau di Indonesia Ice Skating Open 2023
Logo Kejuaraan Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2023

Kejuaraan Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2023 Figure Skating (seluncur indah) competition sukses digelar. Pertandingan olahraga musim dingin itu berlangaung meriah di Bintaro Jaya Xchange Ice Skating Rink (BX Rink), Bintaro Jaya Xchange Mall, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, 26-29 Januari 2023.

Ratusan atlet ice skating menunjukkan segala kemampuannya untuk bersaing. Mereka adalah atlet-atlet muda Indonesia yang sepenuhnya berasal dari sembilan ice rink, yaitu Bintaro Jaya Xchange Rink, Rink, Sky Rink Jakarta, Oasis Centre Arena Skating Rink, Gardenice dan Bali Ice Skating Arena, Sunway Pyramid Ice, Blue Ice Skating Rink, Ice Castle Internasional Training Center dan SM Mall of Asia Ice Skating Rink.

Kategori dipertandingkan mulai dari usia dini yakni atlet termuda berusia 3 tahun hingga sampai usia 52 tahun. Peserta kompetisi olahraga musim dingin tingkat internasional itu diikuti empat negara yakni Indonesia, Malaysia, Phillipines dan China.

Direktur kompetisi IISO 2023 yang juga Manager Bintaro Jaya Xchange Rink, Wiwin Darmawan Salim menyatakan IISO merupakan ajang pembuktian bagi para atlet muda untuk meraih prestasi di cabang olahraga ice skating.

Kejuaraan terbuka yang masuk tahun ke sembilan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan jam tanding para atlet, sekaligus melahirkan bibit-bibit baru. Mereka akan disiapkan untuk mengikuti berbagai kejuaraan di jenjang lebih tinggi.

Membedakan kejuaraan tahun lalu dengan yang sekarang adalah kembali diadakannya Ice Hockey Challenge, sehingga pada tahun ini ada dua kategori pertandingan yaitu figure skating dan ice hokey (hoki es),” ucap dia dalam siaran resmi, Selasa, 31 Januari 2023.

Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat menjadi tolok ukur bagi para atlet untuk menuju kompetisi yang lebih besar,” lanjutnya.

Menurut Wiwin, pihaknya mencatat penambahan jumlah peserta dari 200 atlet pada 2022 menjadi 294 atlet pada tahun ini.

Malaika Khadija Fatiha (12 tahun), salah satu atlet skating muda berbakat yang telah mengikuti banyak perlombaan seluncur indah tingkat nasional. Dia merasa senang dan bangga bisa berlaga kembali di kompetisi IISO tahunan. Khadija mengikuti lima kategori antara lain open platinum, spotlight, surprise, team surprise dan team comp 9.

Aku senang banget bisa ikutan lagi IISO. Tahun ini aku fokus di open platinum karena lebih ke teknik jadi bisa menambah jam terbang juga untuk persiapan ajang internasional. Jadi, next competition pasti lebih baik lagi,” tutur remaja kelas 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu.

Kejuaraan IISO diperkenalkan oleh Bintaro Jaya Xchange Rink sejak 2014. BX Rink sendiri menjadi salah satu fasilitas olahraga di Bintaro Jaya Xchange Mall. Beroperasi sejak 2013, BX Rink dilengkapi ice rink seluas 1.320 m2 dan 1,000 m2 fasilitas pendukung seperti skate rental, locker, first aid, hingga snack bar.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments