Baru Berusia 13 Tahun, Momiji Nishiya Raih Emas Olimpiade

0
97
Baru Berusia 13 Tahun, Momiji Nishiya Raih Emas Olimpiade
Momiji Nishiya, Atlet Berusia 13 Tahun Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020. (Photo credit: AP/Ben Curtis)

Skateboarder muda Jepang, Momiji Nishiya, baru saja mencatatkan sebuah prestasi luar biasa. Ia mampu menjadi salah satu juara Olimpiade nomor perseorangan paling muda sepanjang masa ketika menggondol medali emas skateboarding putri dalam usia 13 tahun 330 hari, Senin (26/7/2021).

Momiji Nishiya yang merupakan penduduk asli Osaka mencatat skor 15,26 poin, untuk mengklaim emas. Funa Nakayama dari Jepang merebut medali perunggu dengan 14,49. Sedangkan pesaing dari Brasil, Rayssa Leal memperoleh perak dengan skor 14,64 poin. Sedangkan atlet Jepang lainnya, Funa Nakayama yang berusia 16 tahun merebut medali perunggu.

Tiga Atlet Muda Peraih Medali Dari Cabang Skateboarding Olimpiade Tokyo 2020. (Photo Credit: AP/Ben Curtis)

Lantas, apakah Momiji Nishiya merupakan atlet termuda sepanjang sejarah olimpiade yang meraih medali emas? Jawabannya adalah tidak.

Merujuk pada USA Today dan Olympic.com, peraih emas paling muda dalam sejarah Olimpiade modern adalah Marjorie Gestring, atlet loncat indah asal Amerika Serikat.

Marjorie Gestring meraih medali emasnya pada gelaran Olimpiade 1936. Saat itu usianya masih 13 tahun dan 286 hari. Sedikit lebih mudah dibandingkan Momiji Nishiya yang kini berumur 13 tahun dan 330 hari saat meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Sebenarnya rekor itu bisa saja pecah dalam pertandingan tadi, andaikata Rayssa Leal tidak sekadar meraih medali perak pada hari Senin (26/7) ini. Usianya Leal saat ini adalah 13 tahun dan 203 hari.

Sementara itu, untuk rekor atlet peraih medali emas termuda Jepang dipegang oleh perenang Kyoko Iwasaki yang meraih emas di Barcelona pada usia 14 tahun.

Baik Momiji Nishiya dan Rayssa Leal sendiri merupakan barisan atlet-atlet belia yang ikut meramaikan gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Predikat Olympian paling muda di Olimpiade Tokyo kali ini disandang oleh atlet Tenis Meja, Hend Zaza, yang usianya baru 12 tahun.

Dalam sejarah Olimpiade, atlet paling muda yang terkonfirmasi adalah pesenam Dimitrios Loundras asal Yunani. Ia mengikuti Olimpiade modern pertama di Athena 1896, ketika usianya masih 10 tahun dan 2018 hari. Saat itu Loundras meraih medali perunggu bersama timnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments