Berkenalan Dengan Shiva, Petembak Muda Sarat Prestasi

0
107
Berkenalan Dengan Shiva, Petembak Muda Sarat Prestasi
Shiva Awallu Nissa. (Foto: YouTube: Mh Crew Production)

Meraih prestasi di kompetisi internasional dan masih dalam usia muda tentu saja menjadi kebanggan setiap atlet. Hal ini jugalah yang dirasakan penembak asal Medan, Sumatera Utara, Shiva Awallu Nissa saat tampil di kompetisi bergengsi skala internasional dan berhasil meraih prestasi.

Saat usianya masih 19 tahun, Shiva berhasil meraih medali emas pada perhelatan South East Asia Shooting Association (SEASA) dan Indonesia Shooting Championship Open Tournament, tahun 2019 lalu.

Sebenarnya pertandingan tersebut bikin tegang sih, karna lawannya selain dari beberapa daerah juga beberapa negara di Asia Tenggara,” ujarnya kepada Tribun Medan, Kamis (8/7/2021).

Pada perhelatan itu, gadis yang akrab disapa Shiva ini mampu menciptakan rekor dengan meraih poin 550 di nomor lomba menembak 10-meter air pistol puteri.

Lebih lanjut, Shiva mengatakan, keberhasilannya mengukir prestasi gemilang di usia belia bukanlah sebuah keberuntungan belaka. Proses menuju ke titik ini sudah ia mulai sejak usianya masih terbilang belia.

Diakuinya, ia sudah familiar dengan olahraga menembak sejak masih duduk di kelas 3 SMP. Hal itu terjadi, karena ia sering melihat kakak sepupunya, Derli Amalia Putri, yang juga merupakan atlet menembak, berlatih. Selain itu, ia tertarik dengan olahraga membidik target ini karena mempunyai cita-cita sebagai polwan.

Awalnya saya lihat kakak sepupu saya ikut menembak. Dari situ saya mulai tertarik dengan menembak. Setelah saya mengikuti latihan, saya mulai suka menembak dan sekarang menembak jadi bagian dari hidup saya,” ucapnya.

Dikatakan Shiva, awalnya aktif sebagai atlet saat masih SMA di Aceh. Ketika kembali ke Medan, ia masuk ke klub menembak Anugerah Shooting Club. Dari sini ia mulai berkembang menjadi atlet profesional. Pertama sekali turun ke gelanggang tahun 2015 mewakili Aceh di kompetisi Jabar Open.

Pada kompetisi itu ia langsung menyabet medali emas. Pada tahun 2017 ia kembali ke Medan, dan mengikuti ajang Porkot Medan ke-9. Pada kompetisi ini ia juga menjadi juara satu di nomor lomba 10 m air pistol puteri.

Terbaru, saya akan bertanding di PON Papua, dengan nomor lomba yang sama,” katanya.

Biodata:

Nama: Shiva Awallu Nissa

Tempat, Tanggal Lahir: Medan, 11 April 2000

Prestasi:

– Juara 1 Air Pistol Putri Porkot Medan ke-9 tahun 2017

– Juara 1 Air Pistol Putri Porwil Kota Medan IV tahun 2018

– Juara 1 Air Pistol Putri Porkot Medan X tahun 2018

– Juara 3 Air Pistol Putri Sriwijaya Open Championship tahun 2018

– Juara 3 Air Pistol Team Kejurnas Menembak Antarpengprov tahun 2018

– Juara 2 Air Pistol Mix Team Kejurnas Pangdam Jaya tahun 2019

– Juara 2 Air Pistol Putri Porwil Kota Medan V tahun 2019

Sumber: Tribun Medan
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments