Biodata Alfin Daniel yang Digadang-gadang Jadi Setter Masa Depan Timnas

0
158
Biodata Alfin Daniel yang Digadang-gadang Jadi Setter Masa Depan Timnas
Alfin Daniel Pratama Saat Menerima Penghargaan 'Pemain Masa Depan Putra Terbaik' pada Livoli 2022. (Foto: Via Instagram @alfiindaniel7)

Inilah profil dan biodata Alfin Daniel, pevoli muda yang digadang-gadang bakal jadi setter masa depan Timnas Indonesia.

Bukan tanpa alasan, pasalnya ia sukses mempersembahkan gelar juara Liga Voli Indonesia 2022 atau Livoli 2022 untuk Indomaret Sidoarjo. Selain itu, dirinya juga diganjar gelar pemain muda terbaik.

Pevoli muda satu ini bernama lengkap Alfin Daniel Pratama. Ia dilahirkan di Situbondo, Jawa Timur pada 2 Mei 2002. Sehingga di tahun ini dia akan berusia 21 tahun. Meskipun usianya masih terbilang muda, ia mampu meraih gelar voli bergengsi Tanah Air.

Kecintaannya terhadap dunia voli ternyata ditularkan dari keluarganya. Alfin Daniel merupakan anak dari pasangan Iwan Dedy Setiawan dan Rita Kurniati.

Sang ayah, Iwan Dedi Setiawan sudah malang melintang di kompetisi nasional bola voli. Kini, pria yang akrab disapa Giso merupakan pelatih di tim voli kenamaan Jawa Timur, Indomaret.

Sementara itu, ibunya Rita Kurniati juga pernah menggeluti dunia voli profesional. Saat masih aktif sebagai pevoli, Rita Kurniati bermain di sejumlah tim elite Proliga. Di antaranya ialah PGN Popsivo Polwan. Namanya begitu melegenda di sana.

Diketahui jika ibunya kini berprofesi sebagai polisi berpangkat Iptu atau Inspektu Polisi Satu. Saudara kandungnya yang bernama Muhammad Setyabima pun juga sama-sama menggeluti dunia voli.

Uniknya, ada dua hal ini kemudian ditiru oleh Alfien Daniel dari sang ibu. Pertama, ia berposisi sama seperti sang ibu yaitu seorang setter.

Kedua, demi mempersiapkan masa depan, Alfin Daniel yang beberapa kali membela Timnas Junior Voli Indonesia juga mengikuti jejak sang ibu menjadi seorang polisi.

Tak heran jika kini dia bergabung dengan tim voli milik Polri, Jakarta Bhayangkara Presisi di Proliga 2023.

Di tim Bhayangkara Presisi, memang mayoritas dihuni atlet voli yang juga berstatus sebagai polisi, di antaranya Rendy Febriant Tamamilang, Yuda Mardiansyah Putra dan Nizar Zulfikar.

Karier Alfin Daniel sebagai atlet voli sudah dimulai sejak duduk di bangku SD. Pada kelas 6 SD, ia pun mengikuti ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON mewakili Jawa Timur.

Selain itu, Alfin Daniel juga sempat mengikuti pelatihan voli di klub voli Ragunan Jakarta. Sebelum akhirnya menjadi salah satu pemain pilar di tim Proliga 2023, Jakarta Bhayangkara Presisi.

Sosok setter muda satu ini masih berambisi untuk meraih gelar juara Proliga 2023 untuk Jakarta Bhayangkara Presisi dan juga menjadi andalan bagi Tim Nasional Voli Indonesia.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments