Giliran Ginting Sumbang Medali Untuk Indonesia

0
95
Giliran Ginting Sumbang Medali Untuk Indonesia
Anthony Sinisuka Ginting Raih Medali Perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Dok. AP/Dita Alangkara)

Satu medali lagi untuk Indonesia dari cabang bulu tangkis. Ialah Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan pebulutangkis Guatemala, Kevin Cordon lewat permainan dua gim 21-11, 21-13, Senin (2/8) malam WIB.

Ginting coba bermain sabar dengan mengajak Cordon bermain reli. Ginting coba menempatkan bola yang membuat Cordon tak leluasa dalam mengeluarkan smes kerasnya. Ginting sempat tertinggal tetapi bisa menyamakan kedudukan jadi 4-4. Ginting kemudian berbalik unggul 7-4 setelah Cordon melakukan tiga kesalahan beruntun.

Ginting berhasil menambah satu poin lagi untuk unggul 8-4. Namun, upayanya untuk menjauhkan keunggulan terhenti setelah smes yang dilakukannya membentur net dan membuat kedudukan jadi 8-5.

Kesalahan itu tidak diulangi oleh Ginting. Penempatan bola-bola sulit Ginting membuat Cordon kerap membuat kesalahan sehingga Ginting bisa unggul 11-5 di interval gim pertama.

Ginting tetap bermain sabar dan tidak terpancing permainan cepat Cordon setelah interval. Kendali penuh permainan yang dipegang Ginting membuatnya bisa unggul dengan margin delapan poin, 15-7.

Cordon sempat merebut empat poin tetapi pebulutangkis Guatemala itu tidak mampu membendung Ginting untuk memenangi gim pertama dengan skor 21-11.

Ginting bermain lebih menekan di awal gim kedua. Ginting lebih berinisiatif melakukan tekanan dengan melakukan smes yang membuat Cordon kerepotan.

Tekanan yang terus diberikan Ginting membuatnya bisa unggul 7-2 atas Cordon. Cordon berhasil memutus perolehan poin Ginting dan merebut dua poin beruntun untuk memperkecil ketinggalan jadi 4-8. Namun, Ginting kembali bisa mengendalikan situasi pertandingan. Tiga poin direbut Ginting untuk membuatnya unggul jauh 11-4 di interval gim kedua.

Cordon mampu bangkit dengan merebut enam poin untuk bisa memperkecil kedudukan jadi 10-13. Dalam situasi mulai tertekan, Ginting mampu tetap tampil tenang untuk bisa menjauhkan skor jadi 15-10.

Ginting bisa mendulang poin tambahan memanfaatkan kesalahan pengembalian yang dilakukan oleh Cordon hingga unggul 18-11. Ginting kemudian bisa merebut tiga poin krusial untuk menutup gim kedua dengan 21-13. Sekaligus memastikan medali ke-5 bagi Indonesia.

Ada rekor unik tercipta, berkat raihan medali perunggu tersebut Anthony Sinisuka Ginting menjadi pebulutangkis pertama yang berhasil mendapatakan medali di Youth Olympic Games dan Olympic Games. Pada tahun 2014 silam, Anthony Ginting berhasil mendapatkan medali perunggu di Youth Olympic Games yang diselenggarakan di Nanjing, Tiongkok.

Selain itu, Ginting berhasil mengakhiri ‘kutukan’ wakil tunggal putra di Olimpiade yang tak pernah mencapai babak semifinal dalam kurun waktu 17 tahun kebelakang. Terakhir wakil tunggal putra Indonesia berjaya yakni di Olimpiade 2004. Saat itu ada Taufik Hidayat yang meraih emas dan Sony Dwi Kuncoro yang menyumbangkan medali perunggu.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments