Incar Medali Timnas Bolabasket 3X3 Perbaharui Komposisi

0
97

PP PERBASI siapkan timnas untuk diterjunkan di SEA Games XXXII/2023 Kamboja. Kali ini, giliran Timnas 3×3 Putra. Federasi basket Indonesia menyiapkannya dengan komposisi baru.

Pelatih Timnas 3×3 yang sebelumnya diisi Ali Budimansyah, sekarang dipercayakan kepada Raoul Miguel Hadinoto atau yang karib disapa Ebos. Kemudian posisi General Manager ditempati James Winson. Sedangkan Cesar Wilhelem didapuk sebagai asisten manajer tim.

“Dengan penyegaran ini diharapkan Timnas 3×3 Putra bisa semakin berprestasi khususnya di ajang multievent seperti SEA Games 2023 mendatang,” terang Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi.

Sebagai General Manager, James merasa tertantang mengangkat prestasi Timnas 3×3. Ini setelah pada gelaran SEA Games 2021 Hanoi lalu, hanya Timnas 3×3 Putra yang nirmedali. Padahal, pada SEA Games Manila 2019, mereka sukses membawa pulang medali perak.

James percaya bisa lakukan itu karena sebelumnya pernah mencicipi juara di ajang 3×3. Pada 2013, dia antarkan tim 3×3 juara pada FIBA 3×3 2013 di Jepang. Saat itu, Tim Indonesia juara usai mengalahkan tim-tim terkuat yang mewakili Rusia, Lebanon, Selandia Baru, China, Taiwan dan tuan rumah Jepang.

“Kami pernah juara bersama Tim 3×3 di Jepang pada 2013. Semoga kesuksesan itu bisa menular di SEA Games Kamboja nanti. Kami yakin bisa memberikan yang terbaik di SEA Games Kamboja nanti setelah pada edisi 2021 lalu tidak mendapatkan medali,” terang James.

Saat ini, kekuatan Timnas 3×3 sedang disusun. Dibawah asuhan Coach Raoul “Ebos” Miguel Hadinoto, timnas melakukan seleksi selama dua hari di Playfield Court Palmerah Jakarta Barat. Pada1 dan 2 Desember 2022.

Sebanyak 13 pemain hadir dari 15 nama yang masuk daftar panggil. “Persiapan kita bersamaan dengan Timnas 5 on 5. Salah satu pemain yang tidak bisa hadir, latihan bersama Timnas 5 on 5 dan satu lagi masih bersama timnya di luar negeri. Jadi kita fokus dulu dengan pemain yang ada,” ungkap Asisten Manajer Timnas 3×3 Cesar Wilhelem.

Dari daftar pemain yang hadir dalam seleksi, kata Cesar, empat di antaranya masuk kategori senior. Mereka adalah Sandy Ibrahim Azis yang dua edisi SEA Games sebelumnya selalu masuk tim inti Timnas 3×3. Lalu ada Laurentinus Steven Oei, Jamarr Andre Johnson, dan Avan Seputra. Sementara lainnya masih junior.

“Kami sengaja memanggil pemain senior dan junior karena memikirkan masa depan Timnas 3×3. Kami ingin selain membangun kekuatan juga memikirkan regenerasi. Diharapkan para pemain muda ini bisa diandalkan di masa mendatang,” jelasnya.

Lanjut Cesar, pada seleksi ini akan diciutkan menjadi 12 pemain dari 15 nama yang masuk daftar panggil. Mereka akan melanjutkan latihan senin depan (5/12) hingga 9 Desember 2022. Setelah itu akan komposisi akan kembali diperas lagi menjadi 8 nama sebelum akhirnya ditetapkan 4 nama yang akan di bawa ke berbagai kejuaraan yang akhirnya menjadi komposisi tetap SEA Games Kamboja nanti.

“Namun kami masih terbuka jika ada pemain yang menonjol untuk dicoba di 3×3 sampai akhirnya komposisi tetap dibawa ke SEA Games Kamboja,” terang Cesar.

Daftar 15 Nama Seleksi Timnas 3×3

1. Patrick Nikolas (West Bandits Combiphar)

2. Rio Disi (West Bandits Combiphar)

3. M. Sandy Ibrahim Azis ( Satria Muda)

4. Avan Seputra (Satria Muda)

5. Laurentius Steven Oei (Satria Muda)

6. Restu Dwi Purnomo (Bima Perkasa)

7. Fernando Fransco Manangsang (Prawira Bandung)

8. William Beckham Mamahit Pontoh (NSH Mountain Gold)

9. Randy Ady Prasetya (Satya Wacana Salatiga)

10. Muhammad Rizky Ari Daffa (Bumi Borneo)

11. Leonardo Effendy (Dewa United)

12. Jamarr Andre Johnson (Dewa United)

13. Daffa Dhoifullah (Elang Pacific Caesar)

14. Lester Prosper

15. Serigne Modou Kane

 

Sumber: Indonesia Basketball

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments