Indonesia Kirim Tiga Atlet Muda ke Kejuaraan Berkuda Internasional di Thailand

0
69
Indonesia Kirim Tiga Atlet Muda ke Kejuaraan Berkuda Internasional di Thailand
Sekjen PP Pordasi, Adinda Yuanita (Kedua Dari Kiri Layar) Bersama Tiga Atlet Muda Berkuda Indonesia yang Akan Tampil Pada Ajang Princess Cup 2022 di Thailand. (Foto: Dok. Bolaskor.com/Rizqi Ariandi)

Tiga atlet muda Indonesia akan tampil di Kejuaraan Berkuda Ketangkasan bertajuk Princess Cup-CSIJ B yang berlangsung di Royal Stable Unit/Royal Horse Guard Riding Club, Krung Thep, Maha Nakhon, Thailand, pada 21-27 November 2022.

Ketiga atlet muda yang akan mewakili Indonesia di ajang tersebut antara lain Akbar Kurniawan atau Aan (18 tahun), Euclia Purnama/Clia (16), dan Kayla Alesha (16). Ketiganya akan tampil di kategori Show Jumping 1m-1.10 m.

Selama persiapan, mereka bertiga mendapat pendampingan dari pelatih senior dan berpengalaman, Rahmat Nasir. Rahmat akan turut mendampingi ketiganya di Thailand.

Bagi salah satu atlet, Aan, ini bukan kali pertama dia tampil di Princess Cup. Pada 2018, Aan mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara pertama.

Aan pun mencatatkan sejumlah prestasi lainnya seperti juara pertama Kejurnas U-21 Dressage Team and Individual pada 2019 dan 2021 serta beberapa kejuaraan interasional, yaitu 1st 100 cm Taipei 2018, 1st Asian Junior Challenge Hong Kong 2019, 1st Reitturnier 115 cm Aachen 2022.

Karena pertandingan Princess Cup di Bangkok itu termasuk pertandingan rutin setiap tahun, tetapi karena ada pandemi COVID-19, jadi selama dua tahun tidak ada pertandingan Princess Cup, dan karena baru diadakan lagi di tahun ini, jadi kami juga ingin mengikuti dan membawa harum nama Indonesia setelah dua tahun vakum,” kata Aan di Jakarta Internatioal Equastrian Park, Pulomas, Jakarta Timur, Senin (14/11).

Sementara itu, Euclia, membeberkan persiapannya jelang tampil di Princess Cup. Selain latihan intensif, Clia, sapaan akrab Euclia memilih untuk banyak istirahat.

Persiapan lainnya adalah, saya mempersiapkan mental dengan banyak meditasi (berdiam diri, menenangkan diri) agar saya lebih tenang saat tanding,” ujar Clia.

Di sini saya lagi mau menguji kemampuan dan mental saya. Perasaan saya saat ini jujur sangat gugup sekali, grogi, karena ini merupakan pertandingan pertama saya di luar negeri,” sambungnya.

Di lain sisi, Sekjen PP Pordasi (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia), Adinda Yuanita, mendukung penuh keikutsertaan tiga atlet muda Tanah Air di ajang berkuda internasional.

Dia menyebut kalau Aan, Clia, dan Kayla berhak tampil di Princess Cup karena telah melalui seleksi ketat.

Salah satunya adalah atlet ini harus berusia di bawah 18 tahun, minimal 14 tahun dan sudah berprestasi minimum di kelas 110cm,” ujar Dinda.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments