Jelang SEA Games 2023, Tim Polo Air Indonesia Juara di Eropa

0
74
Jelang SEA Games 2023, Tim Polo Air Indonesia Juara di Eropa
Timnas Polo Air Indonesia Menjadi Juara Pada VAT Cup atau Vaterpolo Academy Tasmajdan Cup 2023 di Beograd, Serbia, Minggu (23/4/2023). (Antara/HO-PRSI)

Tim polo air putra Indonesia berhasil keluar sebagai juara dalam turnamen di Eropa. Di babak final turnamen VAT Cup 2023, tim Indonesia mengalahkan klub asal Serbia, VK Beograd dengan skor 12-11, Minggu (24/4/2023).

Pelatih Tim polo air putra Indonesia, Nikola Milosavlejic berharap try out ini sebagai modal akhir sebelum mempertahankan medali emas SEA Games 2023 Kamboja, Mei 2023.

Setelah berlatih lebih dari dua pekan, tim kami diuji dalam sebuah turnamen, untuk melihat kemajuan sebagai satu kesatuan tim, serta bagaimana nanti tim menghadapi lawan dan tekanan,” ujar Milosavlejic dalam keterangan resminya.

Tim polo air putra Indonesia sendiri sudah berlatih di Serbia sejak 4 April 2023. Di akhir uji coba ke Serbia, tim Indonesia mengikuti turnamen yang diikuti klub-klub papan atas Serbia bertajuk VAT Cup 2023.

Di babak penyisihan, Indonesia tergabung di Grup B bersama VK Singidunum (Rangking 7, 2nd Division Serbia League) dan Klub VK Palilua (Rangking 5, 2nd Division Serbia League).

Sedangkan Grup A, dihuni VK Beograd (Rangking 4 1st Division Serbian League), VK Tas (Champion Serbia 1st Division League) dan VK Crvena Zveda (1/8 finalis Euro Cup).

Di babak penyisihan, Ridjkie Mulia dan kawan-kawan mampu memetik dua kemenangan atas VK Palilula dengan skor 19-6. Di laga kedua, Indonesia juga sukses menang atas VK Singidunum dengan skor 19-4.

Di babak final, mempertemukan juara Grup B Indonesia melawan juara Grup A, VK Beograd. Babak final berlangsung cukup sengit juga disaksikan Dubes Indonesia untuk Serbia, Mochamad Chandra Widya Yudha.

Di babak pertama, indonesia unggul 4-3. Namun di babak kedua kalah 3-4 dan skor imbang 7-7. Babak ketiga masih jadi milik Indonesia. Di babak akhir kedua tim sama-sama mencetak tiga gol dan hasil akhir Indonesia menang atas VK Beograd 12-11.

Pemain Indonesia yang mencetak gol adalah Ridjkie Mulia (5 gol), diikuti Brandley Legawa dan Yusuf Budiman yang sama-sama menyumbang dua gol, serta tiga pemain mencetak satu gol yakni Reza Auditya, Ahmad Fauzy, Hizkia Bima.

Lewat turnamen ini, ada beberapa hal yang harus dievaluasi tim polo air putra Indonesia. Semoga ini jadi modal berharga jelang tampil di SEA Games 2023 Kamboja,” papar Milosavlejic.

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) terus berupaya meningkatkan prestasi polo air. Tujuan dari pelatnas di Serbia adalah untuk mempertahankan medali emas.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, polo air putra mencetak sejarah dengan merebut emas. Adapun pada SEA Games 2021 yang dilaksanakan tahun lalu di Vietnam, polo air tidak dipertandingkan.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments