Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Agar Bibit Baru Terus Tumbuh

0
92
Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, agar Bibit Baru Terus Tumbuh
Peresmian Indonesia Sebagai Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. (Foto: Dok. MPI/Muammar Yahya Herdana)

Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) terus mempersiapkan diri jelang digelarnya Kejuaraan Dunia Wushu Junior pada Desember 2022. Apalagi ini juga menjadi ajang yang juga penting untuk pembinaan calon atlet-atlet berprestasi.

Kejuaraan Dunia Wushu Junior akan diselenggarakan di ICE BSD Tangerang pada 2-11 Desember 2022 mendatang. Ajang itu rencananya akan diikuti atlet dari 70 negara.

Indonesia sendiri menurunkan 28 atlet terbaiknya. Mereka diharapkan merebut empat medali emas sesuai dengan target yang dicanangkan oleh Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI).

Ketua PB WI Airlangga Hartarto mengatakan ajang ini sebagai bagian dari upaya peningkatan prestasi wushu dengan tujuan ke depan, yaitu Olimpiade.

Pemahaman terhadap pembinaan olahraga yang berjenjang dan berkesinambungan, program regenerasi atlet, dan peningkatan kualitas pelatih menjadi prioritas dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi wushu di masa yang akan datang,” kata Airlangga Hartarto dalam ketetangan tertulisnya, Jumat (21/10/2022).

PB Wushu Indonesia senantiasa memberikan perhatian yang seimbang, antara atlet senior dan atlet junior. Pembinaan atlet junior merupakan jaminan akan terwujudnya pencapaian prestasi dunia yang berkesinambungan,” imbuh Airlangga.

Sejauh ini, Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto sendiri disebut cukup sukses memunculkan bibit-bibit atlet usia muda di Tanah Air. Hal itu tak lepas dari banyaknya stok atlet junior potensial yang dapat diterjunkan menghadapi single dan multievent.

Mereka muncul dari sasana-sasana di Indonesia yang mengikuti berbagai kejuaraan yang diselenggarakan PB WI.

Apa yang telah dibangun Pak Airlangga Hartarto itu bukan hanya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) tetapi juga menyambut wushu yang akan dipertandingkan pada Olimpiade 2032,” kata Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Gunawan Tjokro, yang juga Direktur Eksekutif 8th World Junior Wushu Championship 2022.

Tercatat selama beberapa tahun terakhir, atlet wushu Indonesia meraih banyak prestasi pada ajang internasional. Mulai dari SEA Games 2017 di Malaysia, Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, SEA Games 2019 Filipina dan SEA Games 2021 Vietnam.

Berkat motivasi yang diberikan oleh Airlangga, tim wushu Indonesia berhasil membawa pulang 3 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu di Kuala Lumpur.

Begitu pun tahun berikutnya, 2018, berbagai prestasi berhasil diciptakan. Mulai dari Moscow Wushu Stars, Rusia (3 emas, 2 perak, 1 perunggu), The 7th World Junior Championship, Brazil (2 emas, 10 perak, 7 perunggu) hingga Asian Games 2018 Jakarta – Palembang.

Kemudian kejuaraan bertajuk The 15th World Wushu Championship di Shanghai, China, 17-24 Oktober 2019. Tim wushu Merah Putih mampu membawa pulang 3 emas dan 1 perunggu.

Begitu pula saat Festival Wushu bertajuk The 5th China – Asean Wushu Festival 2019. Atlet Indonesia sukses meraih 4 emas, 1 perak dan 7 perunggu.

Kemudian pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina, Indonesia meraih 9 medali. Rinciannya, 2 emas, 5 perak dan 2 perunggu.

Pada Kejuaraan Dunia Wushu 2019 di China, Indonesia juga patut berbangga karena mampu membawa pulang 3 medali emas dan 1 perunggu. Ini semua tak lepas dari terus bergulirnya kejuaraan dan regenerasi berjalan dengan baik.

Di SEA Games 2021 Vietnam, wushu Indonesia juga berhasil memenuhi target pemerintah dengan sumbangan 3 emas, 9 perak dan 3 perunggu.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments