Kejurnas 3X3 Jadi Ajang Ukur Kekuatan Jelang PON 2024

0
46

Animo bolabasket 3X3 luar biasa. Ini bisa dilihat dari respons daerah pada pelaksanaan Kejurnas Bolabasket 3X3 Tahun 2022 yang dilaksanakan pada 27-29 Januari 2023 nanti di Sleman City Hall Yogyakarta. Kali pertama digelar, Kejurnas 3X3 langsung diramaikan 60 Tim.

“Kejurnas ini akan jadi ajang yang seru karena masing-masing daerah pasti sudah menurunkan tim terbaiknya dan punya strategi sendiri. Kemenangan di Kejurnas ini bisa menjadi tolak ukur mereka sukses PON ke depan. Jadi pasti setiap pertandingan akan berlangsung sengit,” terang Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi.

Kejurnas Bolabasket 3X3 ini mempertandingkan tiga tingkatan kelompok umur. Mulai KU-16, lalu KU-18, dan KU-23. Selaku technical delegate, Rinto Ari Nando memberikan apresiasi kepada Pengprov yang telah daftarkan atletnya.

“Kami dari panitia pelaksana Kejurnas 3X3 Tahun 2022 sangat memberikan apresiasi kepada Pengprov Perbasi yang telah mengirimkan atletnya ke Yogyakarta,” terang Technical Delegate Rinto Ari Nando.

Menurutnya, Kejurnas 3X3 Tahun 2022 sangat penting bagi Pengprov Perbasi. Ini karena kegiatan tersebut menjadi salah satu ajang untuk mempersiapkan pembinaan atlet 3X3 di masing-masing Pengprov. Ajang ini juga bisa menjadi momentum uji coba untuk mengukur kemampuan diri para atlet sekaligus melihat kesiapan dari lawan menatap PON 2024 3X3 di Aceh.

Nando berharap, pada pelaksanaan Kejurnas 3×3 berikutnya, Pengprov Perbasi yang belum sempat kirimkan atletnya di ajang ini segera siapkan timnya. Ini karena kegiatan berikutnya sudah menanti di tahun 2023 ini.

Mengingat sebelum PON 2024, federasi akan melaksanakan kegiatan PRA PON 3X3 yang akan dilaksanakan pada bulan September 2023.

“Jika bicara target peserta pada Kejurnas pertama ini, kami sebenarnya berharap masing-masing kategori diikuti 12 tim. Dengan 6 kategori total bisa mendapatkan 72 tim. Namun, respons yang ada saat ini sejatinya sudah sangat luar biasa,” jelasnya.

Nando menerangkan bahwa dalam pertandingan nanti panpel akan menerapkan peraturan “FIBA Official 3X3 Rules” (edisi 2022). Regulasi ini dapat diunduh di situs www.fiba3X3.com.

“Tentunya kami sebagai panitia pelaksana Kejurnas 3X3 Tahun 2022 berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa kekurangan apapun,” ucapnya.

Sebelum pelaksanaan, panpel telah membuka pendaftaran yang ditutup pada 16 Januari lalu. Sehari kemudian technical meeting yang dilanjutkan drawing pembagian pool. Lalu rilis jadwal pada 20 Januari dan 26 Januari managers meeting.

PEMBAGIAN POOL

KU-16 PUTRA

POOL A

Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur

POOL B

DI Yogyakarta, NTB, Sumatera Barat

POOL C

DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali

KU-16 PUTRI

POOL A

DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Bali

POOL B

Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah

KU-18 PUTRA

POOL A

DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Banten, Bali

POOL B

Bali, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur

POOL C

Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Riau

KU-18 PUTRI

POOL A

Jawa Barat, Bali, DI Yogyakarta

POOL B

Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur

KU-23 PUTRA

POOL A

Kep. Babel, Sulawesi Tengah, Lampung, Bali

POOL B

DI Yogyakarta, Jawa Timur, DKI Jakarta

POOL C

Sumatera Utara, Banten, Kalimantan Timur

POOL D

Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah

KU-23 PUTRI

POOL A

Kalimantan Timur, Jawa Timur, Bali, DI Yogyakarta

POOL B

Riau, Jawa Barat, Sumatera Utara

POOL C

Sulawesi Selatan, Banten, Jawa Tengah

POOL D

Sumatera Barat, Bengkulu, DKI Jakarta

 

Sumber: Indonesia Basketball

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments