Keuntungan Belajar Bela Diri Sejak Dini

0
76

 

Sobat muda NYSN mungkin telah mengetahui olahraga beladiri telah menjadi program latihan yang populer sejak lama. Banyak manfaat yang bisa kita petik dari latihan bela diri sejak usia dini. Dirangkum dari beberapa sumber berikut manfaat bela diri buat sobat NYSN yang masih bersekolah.

1. Menjaga Kebugaran Fisik

Hal pertama yang akan sobat muda rasakan apabila melakukan latihan bela diri adalah kebugaran fisik yang lebih baik. Bagi remaja usia sekolah tentunya akan seringkali menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk mengerjakan tugas sekolah.

Dengan berlatih bela diri berarti sobat muda NYSN menggabungkan gerakan aerobik dengan penguatan otot. Misalnya seperti gerakan kombinasi yang terkontrol antara tendangan dan pukulan dengan berat badan kita sendiri yang menjadi bebannya. Hasilnya adalah berat badan ideal dan sehat secara keseluruhan.

2. Lebih Tahan Banting

Sebagai manusia biasa sobat muda NYSN pastinya pernah merasakan kegagalan dan kekecewaan. Mempelajari bela diri akan membuat sobat muda NYSN belajar mengatasi kegagalan dan menghadapi sebuah rintangan.

Dalam mempelajari bela diri tentunya setiap orang akan belajar dari gerakan dasar dan pernah melakukan kesalahan. Setelah itu agar naik tingkat harus mempelajari gerakan-gerakan baru lagi. Diperlukan latihan berkali-kali dan kemampuan untuk bangkit agar dapat mempelajari itu semua.

3. Berlatih Disiplin

Bagi sobat muda NYSN yang masih dalam usia sekolah disiplin adalah hal yang penting. Ketika berlatih bela diri kita belajar dari instruktur bagaimana menerapkan disiplin agar bisa menguasai gerakan baru dan naik tingkat. Belajar disiplin ini bisa terbawa ke lingkungan rumah dan sekolah.

4. Kontrol Diri

Kontrol diri adalah sebuah isu besar bagi remaja usia sekolah seperti sobat NYSN yang mulai belajar mengenai tanggung jawab. Sebagai seorang pelajar sobat NYSN harus memenuhi ekspetasi guru. Sedangkan di rumah harus bertanggung jawab pada orang tua. Belajar gerakan-gerakan dalam seni bela diri berarti belajar untuk fokus dan menguasai diri sendiri.

5. Kesehatan Mental

Dengan mempelajari bela diri berarti sobat muda NYSN juga membangun tubuh dan mental yang kuat. Dengan tubuh dan mental yang kuat sobat muda NYSN akan menjadi lebih tenang dan berpikir jernih. Selain itu latihan fisik yang dilakukan melepaskan hormon endorphins dalam tubuh sehingga kita merasa lebh baik.

6. Melatih Kepercayaan Diri

Masa remaja adalah masa transisi ke usia dewasa dan hal ini bisa dirasakan sulit bagi sebagian orang. Sobat muda yang belajar bela diri akan lebih kepercayaan diri. Ini disebabkan mereka belajar mengenai lingkungannya, mempelajari kemampuan diri sendiri, dan belajar bela diri berarti belajar membangun kepercayaan diri sendiri.    

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments