Komunitas XBC BMX Academy Rajin Beri Bimbingan Atlet Muda

0
109
Komunitas XBC BMX Academy Rajin Beri Bimbingan Atlet Muda
Vaza Aisyah Rachma Saat Melakukan Aksinya Di Arena Balap Velodrome. (Foto: Instagram @xbc_bmx)

Berlatih untuk meraih prestasi tidak mengenal arti lelah. Seperti yang dilakukan Komunitas XBC BMX Academy di Sirkuit Velodrome, Sawojajar Kota Malang. Komunitas ini memberikan pelatihan kepada atlet BMX usia dini untuk bersiap masuk pusat latihan cabang (Puslatcab) Kota Malang.

Pelatih XBC BMX Academy, Ahmad Victoria menuturkan, komunitasnya mewadahi atlet yang berusia dari lima sampai dua belas tahun. Pihaknya, memberikan wadah para atlet untuk menggali potensinya di olahraga BMX ini.

Kami mewadahi usia dini, mencari bakat, menggali potensi. Akan disaring ke Puslatcab, untuk persiapan Porprov saat mereka usia 14 tahun nanti,” kata Ahmad Victoria, Minggu (6/3).

Saat latihan, para raiders XBC menaklukkan berbagai rintangan di arena balap. Selain itu, mereka juga dikenalkan teknik dasar BMX untuk mengarah ke profesional, ada bimbingan track yang diberikan setelah teknik dasar dikuasai

Tak hanya itu, para riders juga diberi materi mengenai ketahanan, simulasi, dan ketangguhan mental yang diharapkan mampu memunculkan jiwa petarung.

Simulasi kompetisi BMX juga dilatih, untuk mengenali arena sirkuit,” imbuh Ahmad, yang melatih setiap Selasa, Kamis dan Sabtu.

Dia juga berharap ada peran orang tua atlet yang mendukung potensi anaknya di bidang olahraga ekstrem ini. Sehingga anak diharapkan tidak terjerumus pada kenakalan remaja yang bersifat negatif. Mengarahkan anak-anak pada kegiatan yang bermanfaat, salah satunya di komunitas BMX, dimana hobi tersalur, prestasi juga terwadahi.

Sementara itu, salah satu raider berusia 10 tahun Vaza Aisyah Rachma mengaku, senang bisa ikut komunitas BMX. Berharap dapat menjadi atlet, mewakili Kota Malang, dan membanggakan keluarga.

Sudah hobi, dari 5 tahun sudah latihan. Diajarkan teknik bertahan dan ingin masuk Puslatcab,” ucap Vaza, siswi kelas 5 di salah satu Sekolah Dasar Kota Malang.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments