KONI Yogyakarta Gandeng Guru SMP Dalam Pencarian Bibit Atlet Potensial

0
205
KONI Yogyakarta Gandeng Guru SMP Dalam Pencarian Bibit Atlet Potensial
Kantor KONI Kota Yogyakarta. (Foto: Dok. KONI Kota Yogyakarta)

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Yogyakarta menggandeng guru-guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk ikut dalam program pemantauan atlet potensial di hotel kawasan Kemetiran, Yogyakarta, Sabtu (11/12/2021).

Upaya ini dilakukan agar program pembibitan atlet usia muda berjalan baik, sehingga dapat terciptanya regenerasi atlet berprestasi.

Selain itu agenda ini sejalan dengan Sosialisasi Undang-undang No.3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional yang dihadiri guru-guru SMP se-kota Yogyakarta.

Ketua Umum (Ketum) KONI Yogyakarta, Aji Karnanto mengungkapkan agenda ini dapat menumbuhkan sinergi antara dunia pendidikan dan olahraga prestasi bisa semakin ditingkatkan.

Menurut Aji, dunia pendidikan jadi satu di antara pihak penting dalam dalam tahapan pembinaan dan pembentukan prestasi dan karier seorang atlet.

KONI memang cuma mengelola dan membina olahraga prestasi, tetapi untuk bisa maksimal jelas tidak luput dengan sinergitas bersama olahraga pendidikan,” jelasnya.

Lantas selepas tahapan sosialisasi ini harapannya dapat dimunculkannya kegiatan pencairian bibit-bibit atlet dari sekolah-sekolah di Kota Yogyakarta.

Harapannya nanti atlet-atlet Kota Yogyakarta bisa lebih berprestasi baik secara nasional maupun internasional lewat sinergi ini,” tegasnya.

Dalam agenda ini, ada tiga pembicara untuk menyajikan materi terkait pembinaan olahraga.

Ketiga pembicara tersebut yakni, Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Yogyakarta, Hasyim, Danardono sebagai akademisi keolahragaan dari FIK UNY dan Bastari Ilyas dari praktisi hukum.

Hasyim mengungkapkan, di tingkat SMP, siswa akan banyak mencoba untuk meraih prestasi individual, mulai dari prestasi akademik hinggal olahraga.

Prestasi siswa di bidang olahraga, memiliki faktor pendukung mulai dari fisik, teknik, psikologis, guru PJOK, orang tua dan sarana prasarana,” tuturnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments