Latihan VO2 Max Agar Tidak Cepat Capek Saat Olahraga

0
98
Tingkatkan VO2 Max kamu dengan latihan-latihan berikut ini. Foto: DBL

Sobat Muda NYSN yang cepat capek dalam berolahraga atau istilahnya sering “ngos-ngosan” bisa jadi kadar oksigen atau VO2 Max dalam tubuhnya cepat habis. Hal ini bisa dilatih loh agar stamina Sobat Muda NYSN tahan lama dan tidak gampang capek.

VO2 Max sendiri adalah kemampuan maksimal seseorang menyerap oksigen saat tubuhnya sedang beraktivitas yang intens seperti saat berolahraga. Dengan meningkatkan VO2 Max, maka kita bisa melawan kelelahan selama beraktivitas.

Nah berikut ini latihan-latihan yang bisa meningkatkan kadar VO2 Max kamu.

LARI 2,4 KM

Tes ini mengharuskan kamu lari secepat-cepatnya sejauh 2,4 km. Usahakan pilih lapangan yang permukaannya rata ya buat menghindari cidera. Jangan lupa catat waktunya supaya kamu punya tolak ukur seberapa banyak pertambahan angka VO2 Max kamu. Semakin cepat kamu mencapai titik 2,4 km, artinya VO2 Max kamu juga makin baik.

BEEP TEST (SHUTTLE RUN)

Tes ini mengharuskan kamu lari secara berulang-ulang pada jarak lintasan sejauh 20 meter. Tes ini menggunakan alat bantu yang akan berbunyi dalam interval waktu tertentu. Semakin lama akan semakin cepat. Kamu mulai berlari hanya setelah bel berbunyi, dan harus menyentuh garis ujung sebelum bel berikutnya berbunyi. Begitu seterusnya. Tes akan berhenti setelah kamu 3 kali gagal menginjak garis saat atau setelah bel berbunyi.

TES JALAN-LARI 15 MENIT

Kamu hanya perlu jalan diselingi lari selama 15 menit dan berkala. Misal, kamu jalan 5 menit, kemudian diselingi dengan berlari selama 5 menit juga.

FARTLEK

Metode ini untuk melatih endurance atau membangun, mengembalikan, serta memelihara kondisi tubuh seseorang. Caranya dengan lari lambat yang kemudian di variasi dengan sprint-sprint pendek yang intensif, dan juga dengan lari jarak menengah dengan kecepatan yang cukup tinggi secara konstan, kemudian diselingi dengan jogging, lalu sprint lagi.

Sumber: DBL

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments