4 Teknik Menangkap Bola ala Kiper Handal Yang Harus Kamu Tahu

1
25044

Seorang kiper (penjaga gawang) bisa menjadi handal tidaklah mudah, ia harus cerdik dalam urusan menangkap bola. Untuk bisa menangkap bola dengan baik dibutuhkan kemampuan (skill) dan teknik khusus. Bagi Anda yang menginginkan menjadi seorang kiper handal, ini beberapa teknik menangkap bola yang wajib dibaca dan dipraktekkan, yaitu: teknik tangkapan bola atas, tangkapan bola bawah, menepis bola, dan tangkapan dengan menjatuhkan badan.

3Menepis Bola

Ilustrasi: Menepis bola

Seringkali kiper melemah saat ada tendangan kencang yang mengarah ke gawang dalam jarak yang cukup dekat. Sehingga hal itu terkadang menyulitkan kiper untuk menangkap bola dengan baik.

Namun, sebagai seorang penjaga gawang yang handal harus berani dan pintar-pintar menutup setiap sudut gawang dan akurat dalam perhitungan menepis bola. Nah, Teknik ini bisa dijadikan referensi untuk Anda agar bisa mengantisipasi tendangan bola kencang, yaitu dengan teknik menepis atau memblok bola. teknik ini bisa dibantu menggunakan tangan, kaki, atau badan Anda. Sebelum tau bagaimana menepis bola, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengantisipasi bola dilihat dari arah datangnya bola:

Jika bola hadir dari ruang tembak sempit, misal dari daerah samping gawang,  lakukan satu gerakan saja, yaitu entah itu gerakan kaki, tangan, ataupun badan.

Jika ruang tembak luas, misal dari depan gawang, maka sebagai seorang kiper harus cepat mendatangi dan mengejar bola itu dengan tangan dan kaki terbuka, agar mengurangi ruang sudut tembakan yang mengarah ke gawang.

Teknik pelaksanaan menepis atau memblok bola itu sendiri, ada blok bawah dan blok atas atau kanan-kiri:

Blok Bawah:  Pertama, posisi badan berdiri tegak dan kaki terbuka selebar bahu. Buka lebar kedua tangan. lalu Pandangan mengarah ke bola dengan posisi kepala tegak. Jika bola datang  dari arah bawah dengan cepat, gunakanlah kaki untuk menghadang bola. terakhir, tepis bola ke arah luar, jauhkan dari area gawang.

 blok atas, kanan, dan kiri: Diawali dengan posisi badan berdiri tegak dan kaki dibuka selebar bahu. Buka lebar kedua tangan. lalu pandangan mengarah ke bola dengan posisi kepala tegak. Kemudian, saat bola datang dengan cepat gunakan tangan untuk menepisnya. Diakhiri dengan tepis/blok bola menjauh dari area gawang.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
oldest
newest most voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] satu alat yang harus paling diperhatikan sebagai kiper yaitu kondisi dari sarung tangan, alat tersebut sebagai salah faktor yang sangat krusial bahkan […]