Mengenal Kejuaraan Triathlon Ironman. Trilomba Paling Menyiksa.

0
62
Lintasan renang Ironman di Kona, Hawai'i.

Sobat muda NYSN kali ini kita akan membahas sejarah perlombaan yang mungkin paling melelahkan di dunia. Lomba tersebut bernama Ironman Triathlon. Triathlon berarti memperlombakan tiga cabang olahraga sekaligus. Yaitu berenang, bersepeda, dan lari marathon. Siapa yang jadi pemenang maka berhak di sebut Ironman atau manusia besi.

1. Berawal Dari Debat Kusir

Triathlon tercetus setelah klub renang Mid-Pacific Road Runners dan klub renang Waikiki Swim Club selalu berdebat siapakah yang atlet yang paling kuat. Pelari atau perenang? Akan tetapi pendapat itu kemudian dibantah oleh seorang komandan angkatan laut, John Collins, yang mengatakan pesepeda mungkin adalah atlet yang lebih fit dari kedua cabang tersebut. Akhirnya pada 18 Februari 1978 bertempat di pulau Kailua-Kona, Hawai’i, dimulailah lomba triathlon pertama demi pembuktian siapa atlet paling kuat diantara ketiga cabang itu.

Peta lintasan sepeda Ironman 70.3 di Utah, Amerika Serikat.

2. Pemenang Gelar Ironman Pertama

Trilomba Ironman melombakan tiga cabang olahraga. Pertama peserta harus berenang sejauh 3.86 kilometer, kedua bersepeda sejauh 180.25 kilometer, dan ketiga lari marathon 42.20 kilometer. Pada perlombaan pertama Ironman diikuti oleh 15 peserta dengan 12 peserta berhasil menembus garis finish. Gordon Haller menjadi manusia pertama yang mendapatkan titel Ironman dengan catatan waktu 11 jam, 46 menit dan 58 detik. Ironman kedua di tahun 1979 Lyn Lemaire menjadi satu-satunya peserta wanita yang ikut dan disebut-sebut sebagai Ironman wanita pertama.

3. “Bayar” Royalti ke Marvel Entertainment

Karena adanya kesamaan nama dan penyebutan “Iron Man” dan “Ironman” maka pihak pengelola World Triathlon Corporation (WTC) harus “membayar” royalti ke pihak Marvel Entertainment. Iron Man tokoh super hero ciptaan Stan Lee diciptakan pada tahun 1963 sedangkan triathlon Ironman dilakukan pada tahun 1978. Pihak WTC dan Marvel setuju untuk kedua nama tersebut digunakan dengan cara yang tidak membingungkan atau saling tertukar. Pihak WTC sendiri hanya menyebut “bukan material bisnis” sebagai bayaran ke pihak Marvel Entertainment.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments