Pembalap Hafizd Fahri Mendominasi FIM MiniGP Indonesia Series 2022

0
83
Pembalap Hafizd Fahri Mendominasi FIM MiniGP Indonesia Series 2022
Aksi Para Pebalap Muda Indonesia di Putaran Kedua FIM MiniGP Indonesia Series 2022 Yang Bergulir di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022). (Foto: Dok. ANTARA/HO-FIM MiniGP Indonesia)

Pembalap muda, Hafizd Fahri Rasydan, mendominasi dua putaran pertama FIM MiniGP Indonesia Series 2022 yang bergulir di Sirkuit Bukit Peusar di Tasikmalaya, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Selama dua hari bersaing, Sabtu-Minggu (3-4/9), pembalap asal Jawa Timur itu tampil dominan dengan selalu naik podium.

Technical Manager untuk FIM MiniGP Indonesia, Doni Tata Pradita mengatakan, sudah saatnya Indonesia melakukan pembibitan yang sesuai dengan negara-negara penghasil pebalap kelas dunia, salah satunya dengan menggunakan motor MiniGP seperti Ohvale GP-0 160 yang digunakan dalam gelaran FIM MiniGP.

Ini menjadi tahun perdana MiniGP di Indonesia dan jadi awal yang bagus untuk mengubah riding style dari underbone ke MiniGP,” kata Doni seperti dikutip Antara.

Hafizd membuka rangkaian perlombaan pada putaran pertama, Sabtu, dengan menempati posisi pertama melibas 18 lap Sirkut Bukit Peusar dalam durasi 19 menit, 14,726 detik. Dia menang atas Afhil Azhraf asal Sulawesi Selatan yang finis kedua dan Angga Ramadan pebalap asal Bogor, Jawa Barat di posisi ketiga.

Kemudian pada race 2 putaran pertama, Hafizd kembali naik podium. Namun posisinya kali ini di urutan kedua. Pemenangnya adalah pebalap asal Yogyakarta Clevan Lois Valera Oktavianus. Sedangkan urutan ketiga adalah Davino Britani asal Banten.

Satu hari kemudian, Hafizd melibas dua race putaran kedua dengan berada di posisi pertama.

Dengan hasil ini, Hafizd untuk sementara berada di posisi pertama klasemen FIM MiniGP Indonesia Series 2022 dengan mengantongi 95 poin.

Dia unggul atas Clevan yang menempati posisi kedua dengan 76 poin dan Afhil di urutan ketiga dengan 44 poin. Posisi keempat dan kelima ada Angga Ramadan dan Muhammad Fadhil Musafi berturut-turut yang sama-sama mengemas 43 poin.

Pada tahun perdana, FIM MiniGP diikuti 15 pebalap berusia 10-14 tahun. Mereka bersaing selama enam putaran untuk bisa merebut dua tiket ke final di Valencia, Spanyol, yang berlangsung bersamaan dengan penutupan musim MotoGP 2022.

Untuk diketahui, MiniGP adalah program ‘Road to MotoGP’ Dorna Sports. Ajang ini membuka kesempatan bagi bakat-bakat muda dari seluruh dunia untuk bersaing membangun kariernya secara berjenjang agar dapat masuk ekosistem balap MotoGP.

Adapun putaran selanjutnya ketiga dan keempat akan bergulir di Sentul International Karting Circuit pada 13-14 Agustus, kemudian dilanjutkan putaran kelima dan keenam di lokasi yang sama pada 24-25 September.

Berikut klasemen sementara FIM MiniGP Indonesia Series 2022 usai putaran kedua:

1. Hafizd Fahri Rasydan – 95 poin
2. Clevan Louis Valera – 76 poin
3. Afhil Azhraf – 44 poin
4. Angga Ramadan – 43 poin
5. Muhammad Fadhil Musafi – 43 poin
6. Muhammad Haikal – 36 poin
7. Lanova Tantra – 35 poin
8. Alvin Alvaro – 33 poin
9. Davino Britani – 30 poin
10. Reonal Anugrah – 27 poin
11. Kawahara Putra – 27 poin
12. Mochammad Arkana – 24 poin
13. Dzaki Sani Pratama – 17 poin
14. Cyrio Michael Ngelo – 16 poin
15. Ngo Nguyen Viet Tuan – 4 poin
16. Vicho Saktyadi – 0 poin

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments