Perenang Keturunan Indonesia-Amerika, Bangga Bisa Bela Indonesia di SEA Games 2022 Vietnam.

0
127
Kaikea Putra Boyum Crews pada saat Zoom meeting.

Renang Indonesia di ajang SEA Games 2022 Vietnam akan bertambah kuat dengan bergabungnya perenang keturunan Indonesia-Amerika Serikat, Kaikea Putra Boyum Crews.

 

Perenang berusia 19 tahun ini, tinggal di Amerika Serikat sejak kecil. Kaikea merupakan anak dari perenang nasional yang sudah enam kali membela Indonesia di ajang SEA Games yakni Metri Widya Pangestika. Selain itu, Meitri juga menjadi atlet angkatan terakhir dari renang yang mempersembahkan medali. Tepatnya medali perunggu di nomor estafet 4×100 meter gaya bebas putri pada ajang Asian Games 1990 di Beijing. Saat itu Meitri bersama Khim Thia Fei, Yen Yen Gunawan dan Elfira Rosa Nasution.

 

Kaikea sendiri merupakan perenang yang punya andal di nomor gaya punggung 50, 100 dan 200 meter. Hanya saja Kaikea paling kuat di nomor 100 meter gaya punggung.

Kaikea juga sudah menjalani Seleksi Nasional Time Trial renang menuju SEA Games dan di nomor 100 meter gaya punggung mencatat waktu 56,09 detik.

 

“Untuk saat ini hasil Kaikea di nomor 100 meter gaya punggung masih yang tercepat jika melihat pada hasil PON 2021 Papua. Semoga nanti Kaikea bisa lebih baik lagi,” ujar Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin Rahardjo.

Pada PON 2021 Papua nomor 100 meter gaya punggung medali emas diraih Siman Sudartawa dengan catatan 56,18 detik, kedua Farrel Armandio Tangkas 56,24 detik dan Dwiki Anugerah 58,09 detik.

 

Saat diskusi lewat aplikasi zoom, Kaikea mengatakan sangat senang sekali jika bisa membela Indonesia di ajang SEA Games 2022 Vietnam. Sebelumnya Kaikea sudah dua kali membela bendera Indonesia saat SEA Age Group Swimming Championship 2017 di Brunei Darussalam dan Kejuaraan Dunia renang junior 2019 di Budapest, Hungaria.

 

“Bisa membela Indonesia di ajang SEA Games sangat penting. Saya bangga membela Indonesia dan juga bisa membanggakan keluarga saya di Jawa,” ucap Kaikea dalam Bahasa Indonesia yang masih terbata-bata.

 

“Saya juga awalnya tidak memaksa Kaikea untuk berenang. Awalnya hanya untuk safety saja, namun lama kelamaan jadi suka hingga sekarang,” jelas Meitri, Ibu Kaikea.

 

Selain berprestasi di renang, Kaikea juga pintar dalam dunia pendidikan. Saat ini ia mendapatkan bea siswa di University of California, Berkeley dengan jurusan Conservation Resource Management.

 

“Harus pintar berbagi waktu antara sekolah dan berlatih renang. Saya juga sering mengantuk di sekolah, tapi harus terus dijalani dan keduanya berhasil,” jelas Kaikea.

 

“Jika ingin sekolah di Amerika Serikat dan mendapatkan bea siswa harus punya koneksi dengan pelatih disini, kalau tidak agak sulit. Lalu harus mengumpulkan informasi terkait universitas mana yang akan diambil. Saya siap membantu perenang Indonesia yang ingin sekolah di Amerika Serikat,” janji Crews, Ayah Kaikea.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments