Piala AFF U-16 2022: Indonesia Taklukkan Filipina Pada Laga Perdana

0
99
Piala AFF U-16 2022: Indonesia Taklukkan Filipina Pada Laga Perdana
Arkhan Kaka Putra Merayakan Golnya Ke Gawang Filipina U-16. (Foto: Dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-16 memulai kiprah di Piala AFF U-16 dengan kemenangan. Garuda Muda menang 2-0 atas Timnas Filipina U-16.

Timnas Indonesia U-16 menghadapi Timnas Filipina U-16 pada laga Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (31/7/2022) malam WIB. Garuda Muda bisa unggul ketika laga berjalan tiga menit.

Arkhan Kaka Putra melakukan pergerakan di sisi kanan. Ia lalu melepas umpan mendatar ke kotak penalti Filipina.

Umpan Arkhan salah diantisipasi bek Filipina, Jared Alexander hingga menghasilkan gol bunuh diri. Indonesia unggul 1-0.

Pada menit ke-6, Nabil mencoba lewat tembakan dari luar kotak penalti. Namun, usahanya masih melambung.

Indonesia mulai bisa mendominasi laga di pertengahan babak pertama. Muhammad Narendra Tegar melepas tembakan keras. Usahanya ini belum membuahkan gol karena bisa ditangkap kiper Filipina, Cesar Alonso Castro.

Castro kembali menyelamatkan Filipina dari kebobolan. Ia kali ini dengan gemilang terbang menepis tendangan bebas Muhammad Kafiatur Rizky.

Nabil kembali punya kesempatan di menit ke-31. Ia bisa menanduk bola umpan silang dari sisi kiri.

Nabil terus menebas ancaman. Kali ini, ia melepas tembakan keras mendatar. Namun, Castro masih tangguh untuk bisa menepis bola.

Ketangguhan Castro runtuh pada menit ke-38. Arkhan bisa menyontek bola umpan dari sisi kiri untuk membawa Indonesia unggul 2-0.

Pasukan Bima Sakti sempat lengah dengan Jared Alexander Reyes Pena bisa menerobos untuk tinggal berhadapan dengan dengan Andrika Fathir Rachman.

Andrika sigap menutup ruang Reyes. Ancaman Filipina bisa diredam.

Skor 2-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun.

Selepas jeda, Andrika nyaris membuat blunder fatal kala menerima backpass. Untung gawang Indonesia tak kebobolan, karena bola masih melebar.

Pada menit ke-57, Nabil dengan baik menyundul bola kiriman dari sepak pojok. Namun, mistar gawang menggagalkannya mencetak gol. Giliran tiang gawang yang mengagalkan Indonesia mencetak gol usai membendung sundulan Arjuna Wahyudi pada menit ke-68.

Arjuna lagi-lagi punya peluang. Ia melepas tembakan usai mendapat sodoran bola dari Ji Da Bin. Tembakannya tapi masih mengarah ke arah Castro

Tak ada gol tambahan yang tercipta di babak kedua. Skor 2-0 untuk Indonesia menutup laga.

Indonesia berada di peringkat kedua Grup A berkat hasil ini. Indonesia mengumpulkan tiga angka sama dengan Vietnam di puncak klasemen.

The Golden Stars unggul selisih gol karena di laga sebelumnya menang 5-1 atas Singapura.

Susunan Pemain

Indonesia U-16: Andrika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagia, Sulthan Zaky Pramana Putra Razak, Habil Akbar, Muhammad Iqbal Gwijangge; Muhammad Kafiatur Rizky, Muhammad Narendra Tegar Islami (Arjuna Wahyudi 66′), Achmad Zidan Arrosyid; Muhammad Nabil Asyura (Ji Da Bin 66′), Arkhan Kaka Putra, Muhammad Riski Afrisal (Muhammad Yanuar Sanusi 78′).

Filipina U-16: Cesar Alonso Castro; Carlito Edgardo Del Rosario Vergara, Mattheus Henricus Ho Lim, Alexander John Sabatin, Bacchus Dwyn Pinaroc Ekberg; Jared Alexander Reyes Pena, Jaryl D. Pineda, Lucas Sebastiano Gumaru Andan, Marcus Lucas Papio Arias; Kent Jelou B. Belhgira, Sam Angelo Miguel Lagumbay Salingay.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments