Piala Dunia 2022: Bangga! Angklung Bakal Tampil Memeriahkan

0
56
Piala Dunia 2022: Bangga! Angklung Bakal Tampil Memeriahkan
Angklung dan Piala Dunia 2022 (Foto: Berbagai Sumber)

Ada yang unik pada Google doodle kemarin, 16 November 2022, adalah munculnya ilustrasi alat musik tradisional angklung. Diketahui, alat musik tradisional ini juga akan tampil dalam ajang olahraga Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar.

Google Doodle menampilkan sebanyak enam orang yang terdiri dari pria dan wanita yang sedang memainkan angklung bersama-sama.

Google Doodle Dalam Tema Angklung. (Sumber: Google)

Dalam sejarahnya, angklung telah berusia 400 tahun dan berasal dari Jawa Barat. Ketika itu suara angklung dipercaya penduduk desa setempat sebagai upaya menarik perhatian dewi padi dan kemakmuran, Dewi Sri.

Alat musik bambu asal Indonesia ini secara resmi telah dinobatkan sebagai benda Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2010 silam.

Siapa sangka angklung akan ikut memeriahkan Piala Dunia 2022 yang bakal berlangsung di Qatar. Melansir situs resmi Katara, desa budaya di Doha, alat musik ini bakal menjadi salah satu event untuk memeriahkan perhelatan bergengsi sepak bola empat tahunan itu.

Katara juga akan menjadi tuan rumah pameran dan acara seni dari Paraguay, Republik Dominika, Uruguay, Ekuador, Bosnia, Rusia, Meksiko, Indonesia, dan Iran,” terang Katara.net.

Dalam kolom deskripsi, dijelaskan bahwa angklung sudah mendunia ini berasal dari Jawa Barat dan Banten.

Angklung adalah instrumen musik Indonesia yang terdiri dari dua hingga empat tabung bambu yang digantung pada rangka bambu, diikat dengan tali rotan,” tutur website tersebut.

Bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Doha, Katara akan melibatkan pusat kesenian Saung Udjo dari Bandung. Penampilan alat musik angklung akan hadir di Gedung 12 Katara selama 10 hari dari 18-28 November 2022, mulai pukul 14.00-23.00 waktu Qatar.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments