Pra POPNAS Jadi Ajang Pembibitan Atlet Muda Daerah Menuju Pentas Olahraga Nasional dan Internasional

0
86
Pra POPNAS Jadi Ajang Pembibitan Atlet Muda Daerah Menuju Pentas Olahraga Nasional dan Internasional
Kontingen NTB Untuk Cabor Pencak Silat. (Foto: Dok. Suara NTB)

Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2022 Zona 4 yang digelar pada tanggal 9-16 September 2022 memiliki peran penting menjadi ajang seleksi atau proses pembibitan atlet muda baik untuk daerah dan Indonesia.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) POPNAS, Hari Setijono. Menurutnya, Pra Popnas per zona wilayah ini atau yang dulu lebih dikenal dengan Popwil ini sebagai ajang pembibitan yang tepat untuk menyaring atlet-atlet muda berpotensi di daerah.

Pra Popnas per zona ini menurut saya sangat tepat sebagai filter untuk menuju POPNAS yang akan dilaksanakan tahun depan. Dari Pra POPNAS ini akan tersaring potensi atlet-atlet muda yang ada di daerah. Dan kita juga bisa tahu masing-masing daerah ini memiliki keungggulan di cabor apa,” kata Hari usai menyaksikan pertandingan bola voli antara Jatim vs Kaltim, di GOR Serbaguna, Gelora Kadrie Oening, Kaltim, Senin (12/9) malam.

Menurut Hari, POPNAS ini nantinya akan menjadi ajang penyaringan atlet untuk Asean Schools Games dan Youth Olympic. Oleh karena itu ajang ini benar-benar dijadikan para atlet untuk menunjukkan performa terbaiknya dalam setiap pertandingan.

Saya kira ajang Pra POPNAS dan POPNAS ini bisa menjadi ajang seleksi untuk melihat potensi atlet-atlet pelajar yang nantinya untuk event Asean Schools Games atau Youth Olympic. Dari sinilah proses pembibitan bisa tersaring dengan baik,” tambah Hari yang juga sebagai anggota Tim Review DBON.

Pra POPNAS sendiri akan dibagi lima zona; Zona 1 akan dilaksanakan di Jakarta, Zona 2 di Lampung, Zona 3 Kalimantan Selatan, Zona 4 Kalimantan Timur (9-16 September), dan Zona 5 Sulawesi Tenggara.

Untuk Zona 4 yang sedang berlangsung saat ini dikuti oleh 7 provinsi yakni, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat dan, Nusa Tenggara Timur. Sementara cabang olahraga yang dipertandingkan yakni, Tinju, bola voli, pencak silat, bola basket, sepak takraw, sepakbola, tenis (beregu), dan bulutangkis (beregu).

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments