Raih 2 Emas, Atlet Berkuda Cilik Ini Rebut Juara Umum di ESC

0
77
Raih 2 Emas, Atlet Berkuda Cilik Ini Rebut Juara Umum di ESC
Foto: Via: Liputan 6.

Atlet berkuda cilik Naomi Afigthyven (9 tahun) sukses tampil gemilang saat mengikuti kejuaraan berkuda Piala Walikota Jakarta Timur dan Equestrian Solidarity Challenge (ESC) Final Series di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Jakarta Timur,19-20 Agustus 2023 lalu. Dia sukses menjadi juara umum usai meraih dua emas pada kelas Dressage Walk Trot Test 2 U-14.

Pada kejuaraan berkuda yang hanya mempertandingkan kelas-kelas Dressage (tunggang serasi) dan menjadi bagian dari Babak Kualifikasi PON 2024 Cabang Olahraga Berkuda Equestrian tersebut, Naomi tampil cemerlang dengan mendominasi di kelas yang dilombakan. Kelas Dressage Walk Trot Test 2 U14 merupakan kelas dasar bagi calon-calon Atletberkuda professional.

Wakil Equinara Horse Sport yang berpasangan dengan kuda Charmona Royale tersebut langsung menggebrak pada pertandingan di hari pembuka kejuaraan. Dia merebut emas pertamanya usai meraih 111 poin dan skor akhir 69,375% di kelas Dressage Walk Trot Test 2 U-14.

Naomi kembali tampil dominan di hari kedua kejuaraan. Dia kembali meraih emas 108,5 poin dan skor akhir 67,813 %. Berkat dua kemenangan beruntunnya di kejuaraan tersebut, Naomi pun dinobatkan sebagai peraih gelar Juara Umum (Overall Champions) di Kelas Dressage Walk Trot Test 2 U14 ESC Final Series.

Keberhasilan ini membuat bangga kedua orang tua Naomi, Hessa Afigthyven dan Tama Florentina. Mereka sangat mengapresiasi keberhasilan putri sulung mereka ini dalam menapaki jejak karier di olahraga berkuda.

Apalagi catatan prestasi yang mampu ditunjukkan Naomi yang tengah berstudi di ACS Jakarta itu terbilang sangat konsisten disepanjang musim kompetisi tahun 2023 ini.

Ini semua tentu berkat usaha keras Naomi yang rajin dan rutin berlatih kuda disela-sela kesibukan sekolahnya. Apalagi saat ini Naomi berlatih kuda bisa tiga atau empat kali dalam seminggu dengan jadwal latihan Dressage di Equinara Horse Sport dan latihan Show Jumping (lompat rintangan) di JJ Riding School yang berlokasi di Sawangan Depok,” kata Tama Fiorentina.

Dalam menjalani karier berkudanya, sejumlah gelar juara dan penghargaan pun berhasil disabet Naomi yang lahir pada April 2014 ini. Mengawali debut sebagai Juara Pertama Kelas Dressage Walk Trot Test 2 U14 pada Kejuaraan Berkuda IHL Festival 2022 silam, catatan prestasi Naomi pun cukup signifikan disepanjang musim kompetisi 2023.

Dia meraih sukses pada beberapa kejuaraan seperti Equestrian Solidarity Challenge (ESC), Equinara Pulomas Open (EPO), Djiugo Next Adventure (DNA, IHL Festival, Gubernur Cup Sumsel, dan yang terbaru adalah raihan prestasinya di Piala Walikota Jaktim & ESC Final Series.

Sebenarnya Naomi lebih suka bertanding di kelas Show Jumping, tapi Naomi menyadari bahwa untuk memiliki kemampuan yang baik di kelas Show Jumping tentu harus menguasai Teknik-teknik di kelas Dressage, karena itulah Naomi tetap menjalani proses latihan Dressage juga Show Jumping dan untuk mengikuti kejuaraan pun Naomi akan ikut di pertandingan kelas Dressage dan juga Show Jumping,” Tama menambahkan.

Tak hanya gelar-gelar juara di kelas Dressage, Naomi juga berhasil membukukan prestasi saat turun dipertandingan kelas-kelas Show Jumping. Beberapa gelar juga mampu dikoleksinya dari kategori pertandingan kuda lompat itu seperti meraih peringkat ke 5 dari total 86 peserta di Kelas SJ 30 Cm Open Kejuaraan Berkuda Djiugo Next Adventure 2023, Juara ke 4 Kelas SJ 50 Cm U16 Kejuaraan Berkuda IHLFestival 2023.

Sedangkan gelar terakhir diraih Naomi saat menjuarai Kelas SJ 30 Cm Open Kejuaraan Berkuda Gubernur Cup Sumsel yang diselenggarakan di Palembang Sumatera Selatan pada awal Agustus 2023 lalu.

Untuk program pembinaan selanjutnya, setelah berdiskusi dengan Pelatih dan juga Naomi sendiri, berikutnya Naomi akan mencoba naik ke Kelas Dressage Walk Trot Test 3 dan juga Preliminary German, sedangkan untuk Show Jumping Naomi akan fokus dipertandingan dengan ketinggian lompatan 30 Cm hingga 50 Cm,” kata Tama Florentina.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments