Sabet Gelar Juara US Open 2021, Berikut Profil Raducanu

0
77
Sabet Gelar Juara US Open 2021, Berikut Profil Raducanu
Petenis asal Inggris, Emma Raducanu, memeluk trofi juara US Open 2021. (Photo credit: Elise Amendola/AP)

Nama Emma Raducanu sedang ramai dijagat olahraga usai menjuarai US Open 2021. Remaja 18 tahun asal Inggris itu mencatatkan sejarah menjadi petenis pertama yang merebut gelar Grand Slam dari fase kualifikasi.

Raducanu memastikan gelar juara seusai mengalahkan petenis asal Kanada, Leylah Fernandez, pada partai final, Minggu (12/9/2021) pagi WIB. Bertanding di Arthur Ashe Stadium, New York, Amerika Serikat, Raducanu menumbangkan Leylah Fernandez dua gim langsung atau straight game dengan skor 6-4 dan 6-3. Kemenangan atas Leylah Fernandez menyempurnakan penampilan Raducanu yang memulai US Open 2021 dari babak kualifikasi.

Raducanu harus berjuang melewati tiga pertandingan kualifikasi terlebih dahulu sebelum berhasil masuk babak utama US Open 2021. Meski berstatus non unggulan, Raducanu selalu tampil percaya diri hingga akhirnya berhasil menyapu bersih tujuh laga babak utama US Open 2021 untuk membawa pulang trofi.

Simak profil singkatnya dari merintis karir hingga meraih gelar Grand Slam pertamanya berikut ini.

Awal Karier

Emma Raducanu Pada Saat Balita dan Saat Beranjak Dewasa. (Image credit: various sources)
  • Raducanu lahir pada 13 November 2002, di Toronto, Kanada. Ayahnya berasal dari Rumania sedangkan sang ibu dari Cina. Ia pindah ke London pada usia dua tahun dan mulai bermain tenis pada usia lima tahun.
  • Raducanu memulai karir sebagai petenis profesional pada tahun 2018.
  • Raducanu mencapai 20 besar di tingkat junior. Memenangi tiga gelar Federasi Tenis Internasional.
  • Raducanu melakukan debut turnamen WTA-nya di lapangan rumput di Nottingham pada Juni 2021.
  • Raducanu menjadi terkenal ketika dia membuat debut undian utama Grand Slam di Wimbledon pada Juli 2021. Memasuki turnamen sebagai wildcard berperingkat 338 dunia, dia maju hingga babak keempat. Dia mundur saat melawan petenis Australia Ajla Tomljanovic setelah menderita kesulitan bernapas.
  • Raducanu mencapai final acara WTA 125K di Chicago pada Agustus 2021.

Gelar Grand Slam Pertama

  • Raducanu lolos ke undian utama US Open 2021 setelah membukukan kemenangan straight set di ketiga babak kualifikasi.
  • Berperingkat 150 dunia, Raducanu menjadi petenis kualifikasi pertama yang memenangkan gelar Grand Slam. Dia menjuarai US Open tanpa kehilangan satu set pun, baik di kualifikasi atau dalam tujuh pertandingan undian utamanya.
  • Raducanu menjadi wanita Inggris pertama yang memenangkan US Open sejak Virginia Wade menang pada 1968 dan yang pertama merebut gelar Grand Slam sejak Wade memenangkan Wimbledon pada 1977.
  • Raducanu saat ini sudah naik ke peringkat 24 dunia setelah memenangi gelar US Open. Ia resmi mengakhiri posisi Johanna Konta, sebagai wanita Inggris berperingkat teratas dunia yang sudah berlangsung 310 minggu.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments