Sabet Tiga Emas, Rizki Juniansyah Juga Perbarui Rekor Dunia Angkat Besi

0
86
Sabet Tiga Emas, Rizki Juniansyah Juga Perbarui Rekor Dunia Angkat Besi
Rizki Juniansyah Saat Berada di Podium Asian Youth & Junior Weightlifting Championship. (Foto: Dok. PB PABBSI)

Lifter Indonesia kembali membuat kejutan. Atlet muda, Rizki Juniansyah, sukses mempertajam rekor dunia pada Asian Youth & Junior Weightlifting Championship.

Atlet muda andalan Indonesia, Rizki Juniansyah, mencetak rekor dunia baru lagi. Rizki membuat prestasi pada kejuaraan angkat besi junior tingkat Asia, Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022. Ia tampil gemilang saat melakukan angkatan Snatch, pada Kamis (21/7) malam.

Lifter muda asal Serang, Banten, melakukan angkatan Snatch pertama dengan 149 kg dan kemudian 154 kg pada angkatan kedua. Teriakan “good lift” dari juri saat Rizki Juniansyah melakukan angkatan ketiga menandai kepastian reach rekor dunia baru dengan 157 kg saat beraksi di Tashkent, Uzbekistan.

Tambahan satu kilogram cukup untuk menjadi rekor dunia angkatan Snatch atas namanya sendiri. Rizki Juniansyah mencatatkan rekor Snatch dengan berat 156 kg pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 pada 06 Mei 2022, di Heraklion, Yunani.

Rizki Juniansyah berusaha mencetak rekor lain pada angkatan Clean & Jerk. Rizki mampu mengangkat 182 kg dan mencoba 195 kg pada dua percobaan berikutnya. Ia belum berhasil mengejar target untuk memecahkan catatan lamanya, 339 kg, belum berhasil.

Raihan pada 2022 juga masih jauh dari rekor lamanya pada 26 Mei 2021. Sewaktu tampil di Uzbekistan juga, Rizki Juniansyah berhasil membukukan total angkatan Clean & Jerk dengan berat 194 kg dan total angkatan 349.

Pencapaian Rizki Juniansyah melengkapi prestasi lima atlet angkat besi Indonesia yang meraih enam medali emas, empat perak dan lima perunggu pada Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022 di Tashkent, Uzbekistan.

Selamat kepada Rizki Juniansyah yang berhasil membuat Indonesia bangga melalui prestasinya, menjadi juara dan memecahkan kembali rekor dunia junior pada angkat besi kelas 73 kg putra, juga atlet lain yang telah berjuang dan meraih prestasi gemilang,” kata Ketua Umum KONI, Marciano Norman.

Jumat (22/05/2022), masih ada satu wakil Indonesia yang bertanding. Marciano berharap, penampilan gemilang Rizki Juniansyah menjadi motivasi bagi atlet-atlet binaan Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) pimpinan Rosan Roeslani dan Sekjen Djoko Pramono beserta jajarannya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments