Seleknas PBSI 2022: Sang Juara Wujudkan Impian Masuk Pelatnas

0
74
Seleknas PBSI 2022: Sang Juara Wujudkan Impian Masuk Pelatnas
Chiara Marvella Handoyo Menjadi Salah Satu Pebulutangkis yang Lolos Seleknas PBSI 2022 Kategori Taruna. (Foto: Dok. PBSI)

Laga-laga menarik tersaji pada partai final Seleksi Nasional PBSI 2022. Para pemain tak hanya bisa bermain optimal di laga puncak, mereka sekaligus mampu mewujudkan impian besar untuk bergabung ke pelatnas yang menjadi kawah candradimuka pembinaan bulutangkis nasional.

Pasangan ganda taruna putri Maulida Aprilia Putri/Meisa Rizka Fitria asal klub Jaya Raya Jakarta tampil sebagai juara Seleknas. Di final, unggulan pertama ini sukses mengalahkan Puspa Rosalia Damayanti/Velisha Christina (Djarum Kudus) dengan skor 21-17, 21-19.

Bertanding di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (21/12) lalu, Maulida/Meisa tampil solid. Mereka bermain penuh semangat dan lebih ngotot untuk bisa menang demi mewujudkan impian besar bergabung ke pelatnas.

Saya merasa bangga dan senang bisa juara Seleknas. Saya pun awalnya tidak menyangka akan bisa berhasil dan masuk ke pelatnas. Kunci kemenangan kami, bermain konsisten dan nothing to lose. Selalu fokus dan jangan lengah,” tutur Meisa, usai laga.

Alhamdulillah bisa juara sekaligus memberikan kado terbaik untuk orangtua. Impian saya sejak kecil dulu, akhirnya bisa kesampaian juga. Saya kini bisa masuk pelatnas,” ujar Maulida.

Untuk ganda taruna putra, Nikolaus Joaquin/Verrell Yustin Mulia dari Djarum Kudus berhasil mengalahkan Alif Fajdary/Yordan Alexander Gunawan (Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya Banten) dengan skor 21-10, 21-16. Joaquin/Verrell pun merebut tiket masuk pelatnas.

Puji Tuhan bisa menang dan juara Seleknas. Kunci kemenangan kami adalah bermain dengan strategi tepat dan tidak terburu-buru. Tahun lalu, saya gagal. Kini di kesempatan kedua berhasil dan saya pun masuk pelatnas,” kata Verrell.

Motivasi terbesar saya tampil habis-habisan di Seleknas ini adalah ingin membantu Verrell yang tahun ini adalah kesempatan terakhir dia bisa mengikuti seleknas untuk bergabung ke pelatnas. Saya sendiri dari dulu bermimpi agar bisa masuk pelatnas,” sambung Joaquin.

Pada nomor tunggal taruna putra, Jason Christ Alexander dari Djarum Kudus tampil sebagai juara. Dia sukses mengalahkan unggulan pertama, sekaligus juara Kejurnas 2022, Muhammad Halim As Sidiq (Jaya Raya Jakarta), 21-15, 21-15.

Saya main normal saja, justru lawan yang tertekan dan kurang bisa menguasai pertandingan. Lawan juga sepertinya lambat panas. Saya tentu senang dengan kemenangan ini,” kata Jason, yang mengidolakan Anthony Sinisuka Ginting dan Lin Dan ini.

Untuk tunggal putri, Chiara Marvella Handoyo asal Djarum Kudus juga berhak lolos ke pelatnas setelah di final menang atas rekan seklubnya, Aura Ihza Aulia dengan skor, 21-15, 21-12.

Senang juga saya bisa juara karena tahun sebelumnya saya tidak lolos seleknas. Dari awal, saya memang ingin masuk pelatnas biar ke depan bisa tampil di level internasional dan mengembangkan kemampuan saya,” kata Chiara.

Menyangkut kunci kemenangan atas Aura, pengagum Chen Yu Fei ini menyebut dirinya berinisiatif dengan bermain menyerang lebih dulu.

Saya sih, main dengan pola saya sendiri, yaitu menyerang duluan. Kalau tak tembus, coba bertahan dulu. Ternyata strategi saya berhasil,” tutur Chiara.

Verrel Yustin melengkapi kejayaan di Seleknas. Bersama Priskila Venus Elsadai, dia menjuarai ganda campuran. Di laga pamungkas, Verrell/Priskila mengatasi perlawanan rekan seklub di Djarum Kudus, Carlo Syah Gumilar/Aisyah Hanadiya Taisir, 21-19, 19-21, 21-17.

Saya bangga dan puas bisa juara di dua nomor pada Seleknas tahun ini,” ujar Verrell.

Secara umum menurut Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky, dari hasil Seleknas ini menunjukkan para pemain sudah berjuang hebat. Dari sisi kemampuan individu, ketrampilannya juga sangat menjanjikan.

Saya senang, para pemain sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya. Secara kemampuan individu juga sangat potensial. Para juara ini memang kita panggil masuk ke pelatnas,” ujar Rionny.

Hasil Final Seleksi Nasional PBSI 2022:

Tunggal Taruna Putra: Jason Christ Alexander (Djarum Kudus) vs Muhammad Halim As Sidiq (Jaya Raya Jakarta), 21-15, 21-15.

Tunggal Taruna Putri: Chiara Marvella Handoyo (Djarum Kudus) vs Aura Ihza Aulia (Djarum), 21-15, 21-12

Ganda Taruna Putra: Nikolaus Joaquin/Verrel Yustin Mulia (Djarum Kudus) vs Alif Fajdary/Yordan Alexander Gunawan (Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya Banten), 21-10, 21-16.

Ganda Taruna Putri: Maulida Aprilia Putri/Meisa Rizka Fitria (Jaya Raya Jakarta) vs Puspa Rosalia Damayanti/Velisha Christina (Djarum Kudus), 21-17, 21-19.

Ganda Taruna Campuran: Verrell Yustin Mulia/Priskila Venus Elsadai (Djarum Kudus) vs Carlo Syah Gumilar/Aisyah Hanadiya Taisir (Djarum Kudus), 21-19, 19-21, 21-17.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments