Simak Tips Latihan Basket Dari Coach Angga Muhammad di Bulan Puasa

    0
    76
    Angga Muhammad (tengah) saat menjadi pelatih SMA Al-Maruf di Honda DBL 2021 DKI Jakarta Series. Foto: DBL.

    Buat sobat muda NYSN yang menjalankan ibadah puasa tetap bisa melakukan latihan agar tubuh tetap fit. Latihan rutin wajib dilakukan agar performa di lapangan tetap prima dan menjaga daya tahan tubuh. Coach Angga Muhammad, pelatih SMA Al-Maruf, memberikan tips untuk menjaga pola makan sehat dan beraktivitas saat Bulan Ramadan biar tubuh tetap fit dan tidak gampang capek.

    Makan yang Cukup dan Bergizi

    Jangan makan berlebihan saat sahur. Selain itu jangan terlalu banyak makan yang mengandung karbohidrat dan rendah protein. Menurut coach Angga, yang seharusnya dikonsumsi lebih banyak adalah air mineral dan buah-buahan. “Ketika sahur, makan saja yang cukup. Paling utama banyak makan buah dan juga minum air putih,” katanya.

    Jangan Istirahat Berlebihan

    “Untuk istirahat jangan sampai berlebihan, biasanya kan ada orang habis sahur langsung tidur dan bangun siang. Itu harus dihindari,” lanjut coach Angga. Langsung tidur setelah makan sahur bisa mengganggu pencernaan dan memicu timbulnya masalah kesehatan lain. Idealnya, kita boleh tidur 3 jam setelah selesai makan.

    Latihan Sebelum Buka Puasa

    Bulan Ramadan momen yang bagus untuk membentuk tubuh dan menjaga stamina saat berlaga di lapangan. Menurut coach Angga, waktu yang tepat untuk latihan adalah jam 4 sore sebelum waktu berbuka puasa. “Latihannya bisa melakukan skipping atau jogging. Serta perbanyak individual skill dan pertajam akurasi tembakan,” timpalnya.

    Jangan Kalap Saat Berbuka

    Ketika sudah berpuasa seharian penuh hindari makan berlebihan. Kata coach Angga, “Untuk saat berbuka puasa jangan berlebihan, dengan secukupnya saja,”. Sebab, berbuka puasa dengan berlebihan juga dapat memicu masalah pencernaan. Baiknya, berbuka dengan air hangat, buah-buahan, dan makanan yang tinggi protein. Ini dimaksud untuk mengganti cairan di tubuh yang terkuras saat berpuasa. Apalagi, kalau kamu latihan sebelum buka puasa.

     

    Sumber: DBL

    0 0 vote
    Article Rating
    Subscribe
    Notify of
    guest
    0 Comments
    Inline Feedbacks
    View all comments