Timnas Indonesia Juara Umum Kejuaraan Wing Chun Dunia 2022

0
82
Timnas Indonesia Juara Umum Kejuaraan Wing Chun Dunia 2022
Tim Nasional Wing Chun Indonesia. (Foto: Dok. Kemenag)

Kabar menggembirakan datang dari Tim Nasional Wing Chun Indonesia yang membawa pulang gelar juara umum pada Kejuaraan Dunia Wing Chun 2022 di Hong Kong.

Kejuaraan tersebut diselenggarakan oleh induk organisasi wing chun dunia, Ving Tsung Athletic Association alias VTAA pada Ahad, 30 Oktober 2022.

Torehan prestasi ini banjir apresiasi, salah satunya dari Menteri Agama sekaligus Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Alhamdulillah, Timnas Wing Chun Indonesia berhasil menyabet Juara Umum dengan lima emas, enam perak, dan delapan perunggu. Selamat dan terus berprestasi,” kata Yaqut seperti dikutip dari situs resmi Kemenag.

Yaqut turut menambahkan bahwa dalam Kejuaraan Dunia Wing Chun 2022, Indonesia menerjunkan 22 atlet untuk bertanding di 9 kategori pertandingan.

Kami kirimkan 22 atlet untuk sembilan jenis pertandingan yang dibuka pada kelas Junior, Female Adult, dan Male Adult, pada kategori Siu Lim Tao, Chum Kiu, dan Biu Gee,” ujar Yaqut menambahkan.

Dikutip dari Antara, dalam pertandingan tersebut, Indonesia setidaknya berhadapan dengan 11 negara secara daring karena situasi COVID-19 di Hong Kong yang belum menentu. Kesebelas negara tersebut adalah Singapura, Malaysia, Myanmar, Jepang, Macao, Taiwan, Hongkong, Tiongkok, Inggris, Prancis, dan Spanyol.

Mengutip laporan Antara, lima medali emas yang diperoleh oleh Timnas Wing Chun Indonesia disumbangkan oleh Christoffer Austin Neilthong pada nomor chum kiu junior, Deviyana Leman pada nomor chum kiu putri, Lie Revano pada chum kiu putra, Odilia Calista Ruby Wuriandono pada nomor biu gee junior, dan Rizky Fitria Al Fahmi pada nomor biu gee senior.

Menurut manajer Timnas Indonesia, Maulana Zaenal, torehan prestasi belasan atlet tersebut merupakan sebuah kebanggan sebab bertepatan dengan perayaan Hari Sumpa Pemuda pada beberapa hari lalu.

Puji syukur. Timnas Wing Chun Indonesia berhasil menyabet kembali juara umum pada Kejuaraan Dunia (Wing Chun) kali ini. Ini sebagai hadiah untuk Indonesia pada momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober kemarin,” kata Zaenal dalam rilis pers yang diterima oleh Kantor Berita Antara.

Adapun daftar lengkap nama-nama atlet peraih medali dalam Kejuaraan Dunia Wing Chun 2022 di Hong Kong adalah sebagai berikut:

Rizky Fitria Al Fahmi (Emas, Biu Gee dan Perunggu, Siu Lim Tao)
Christoffer Austin Neilthong (Emas, Chum Kiu dan Perak, Siu Lim Tao)
Deviyana Leman (Emas, Chum Kiu dan Perak, Siu Lim Tao)
Lie Revano (Emas, Chum Kiu, dan Perak, Siu Lim Tao)
Odilia Calista Ruby Wuriandono (Emas, Biu Gee)
Trinity Eleanor Kawiran (Perak, Chum Kiu dan Perunggu Biu Gee)
Clarissa Christy Kusnadi (Perak, Chum Kiu dan Perunggu, Biu Gee)
Danin Christianto (Perak, Chum Kiu)
Verrell Georgen Hermawan (Perunggu, Chum Kiu)
Pinka Zuhdiana Hapsari (Perunggu, Chum Kiu)
Jason Nicholas Winata (Perunggu, Siu Lim Tao)
Rizky Adiyono (Perunggu, Chum Kiu)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments