Timnas Kriket Putri Indonesia Beraksi di Piala Dunia

0
49
Timnas Kriket Putri Indonesia Beraksi di Piala Dunia
Timnas Kriket Putri Indonesia Siap Beraksi Pada Piala Dunia T-20 U-19 Putri 2023. (Foto: Via: GNFI)

Tak banyak terekspos, Timnas Kriket Indonesia ternyata beraksi di Piala Dunia lewat tim junior putrinya. Hal tersebut mungkin karena olahraga kriket tidak seberapa terkenal di Indonesia.

Atlet-atletnya pun jarang mendapat sorotan. Namun, hal itu bukan berarti kriket Indonesia tidak punya semangat untuk meraih prestasi. Faktanya justru sebaliknya. Para atlet kriket Indonesia mampu menampilkan diri masuk ke jajaran elite tingkat dunia. Buktinya adalah partisipasi mereka di ajang Piala Dunia.

Indonesia ambil bagian dalam ajang Piala Dunia T-20 U-19 Putri 2023. Sesuai namanya, dalam ajang tersebut Indonesia diwakili oleh para atlet belia perempuan berusia di bawah 19 tahun untuk unjuk kebolehan dengan menghadapi tim-tim kuat lain.

Piala Dunia T-20 U-19 Putri adalah ajang kriket yang diorganisir oleh Dewan Kriket Dunia alias International Cricket Council atau ICC. Tahun ini, ajang tersebut dijadwalkan dihelat di Afrika Selatan pada 14 hingga 29 Januari 2023.

Hanya ada 16 tim yang ikut serta di mana Indonesia adalah salah satunya. Indonesia berhak tampil karena statusnya sebagai pemenang di kualifikasi tingkat regional setelah mengalahkan Papua Nugini. Di antara tim peserta, tentu ada pula tim raksasa kriket dunia seperti Inggris dan India yang juga berpartisipasi.

Indonesia tergabung dalam Grup C bersama Irlandia, Selandia Baru, dan Hindia Barat. Nantinya, tiga tim teratas dari setiap grup akan diadu dalam babak Super Six League untuk kemudian diambil lagi empat tim terbaik untuk melaju ke semifinal, yang dilanjutkan dengan tampilnya dua pemenang semifinal dalam laga final.

Pertandingan pertama Indonesia akan digelar pada Minggu, 15 Januari 20230 dengan menghadapi Selandia baru. Berikutnya, Indonesia akan menghadapi Hindia Barat pada Selasa, 17 Januari 2022. Lalu Indonesia meladeni Irlandia pada Kamis, 19 Januari 2022.

Menurut laman resmi ICC, ini adalah kali pertama Indonesia berpartisipasi dalam turnamen ICC tingkat dunia. Indonesia tidak sendirian hadir sebagai pendatang baru karena ada juga tim lain yang baru pertama kali tampil, yakni Uganda.

Kendati masih tergolong anak baru Indonesia tidak mau setengah-setengah di Piala Dunia T-20 U-19 Putri. Sejak Desember lalu, tim telah memesan tiket penerbangan ke Menpora.

Lantas, siapa aja penghuni Timnas Kriket U-19 Indonesia yang dipanggil untuk berlaga di Afrika Selatan? Berikut daftarnya:

Desi Wulandari, Dewa Ayu Sasrikayoni, Gusti Ayu Ratna, Gusti Pratiwi, Kadek Ayu Kurniartini, Lie Qiao, Ni Kadek Ariani, Ni Kadek Dwi Indriyani, Ni Kadek Murtiari, Ni Made Suarniasih, Ni Putu, Sang Ayu Puspita Dewi, Thersiana Penu Weo, Wesikaratna Dewi, Yessny Djahlepang

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments